Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Karat Rangka Motor: Cara Mencegah dan Menghilangkan Karat pada Rangka

Cara Mencegah dan Menghilangkan Karat pada Rangka Motor 
Karat pada rangka motor

Sepeda motor merupakan kendaraan yang terdiri dari berbagai material yang memerlukan perawatan secara rutin agar umur kendaraan tetap awet. Masalah umum yang kerap dialami para pengendara motor adalah karat pada rangka motor. Karat bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti udara lembab, banjir, atau genangan air, dan terkadang bisa muncul pada area yang sulit terlihat.

Karatan pada rangka motor bisa merusak penampilan serta mengancam keamanan pengguna. Lebih buruknya, karatan dapat menyebabkan korosi hingga kerusakan parah seperti rangka yang patah. Oleh karena itu, mencegah terjadinya karat pada rangka motor merupakan langkah penting yang harus dilakukan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan karat pada rangka motor.

Baca juga: Rangka eSAF: Penjelasan, Jenis Motor dan Penyeban Mengapa Rawan Keropos bahkan Patah

Cara Mencegah Karat pada Rangka Motor
Rangka sepeda motor
Rangka Motor 

1. Cuci dan keringkan motor secara berkala

Membersihkan motor secara rutin sangat penting untuk menjaga kualitas lapisan permukaan motor, daya rekat, durabilitas, serta warna motor. Motor yang tidak dicuci secara berkala bisa menjadi kusam bahkan bisa mengakibatkan retakan di beberapa sisi.

2. Gunakan Pelindung Rangka

Melapisi rangka motor dengan pelindung plastik dapat melindungi rangka Anda dari percikan air, debu, dan kerikil, yang dapat memicu karat.

3. Lubrikasi Komponen Rangka

Aplikasikan pelumas tahan air pada bagian rangka yang berputar seperti engsel dan persendian. Ini akan membantu melindungi area tersebut dari karat dan aus.

4. Hindari Zona Berbahaya

Berusaha untuk menghindari berkendara di jalanan dengan salinitas tinggi seperti di daerah pantai. Garam di udara dan jalan bisa mempercepat proses oksidasi yang memicu karat.

5. Gunakan Penutup Sepeda Motor

Jika Kalian berencana untuk menyimpan motor di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, gunakanlah penutup motor yang tahan cuaca untuk melindungi rangka dari kondisi cuaca.

6. Tempat Penyimpanan Yang Tepat

Jika hendak menyimpan motor dalam jangka waktu yang panjang, pastikan tempat penyimpanannya kering dan terhindar dari hal-hal yang dapat merusak motor. Juga, hindari agar rangka motor tidak bersentuhan langsung dengan tanah.

7. Pengecekan sendi rangka

Sendi rangka motor atau sasis adalah komponen penting yang perlu diperiksa. Karat yang terjadi pada sendi rangka dapat merusak struktur kendaraan. Oleh karena itu, pastikan sendi rangka tidak bermasalah atau terlihat kotor dan bersihkan secara rutin.

8. Atur bobot kendaraan

Untuk motor keluaran tahun 2000-an, pahami betul kapasitas bobot yang dianjurkan. Beberapa motor hatchback memiliki sasis yang tidak terlalu kuat, jadi pastikan struktur sasis tetap aman meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

9. Perhatikan aturan pemakaian

Menggunakan motor secara rutin dapat menyebabkan beberapa masalah jika tidak ada jeda penggunaan. Pastikan motor tetap dalam kondisi prima dengan mencuci, memeriksa sasis, dan menjaga bobot kendaraan.

10. Bongkar bodi motor

Bongkar bodi motor penting untuk mencegah terjadinya karat di beberapa komponen yang sulit terlihat, terutama pada sasis kendaraan dan area yang tersembunyi. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, namun sangat penting untuk menjaga kualitas motor.

11. Pentingnya Pengecatan

Jika Kalian berencana untuk mencat ulang atau mengganti warna motor, pilihlah cat yang tahan karat dan cuaca untuk memberikan perlindungan maksimal bagi rangka motor.

Baca juga: Daftar Motor Honda yang Belum Menggunakan Rangka eSAF, Motor Apa Saja?

Cara Menghilangkan Karat pada Rangka Motor
Karat pada rangka
Karat

Gunakan cairan penghilang karat

Meskipun sudah rutin membersihkan rangka motor, karat masih kerap muncul. Anda bisa menggunakan cairan penghilang karat untuk memberikan perlindungan ekstra pada rangka motor Anda. Cairan ini juga membantu menjaga viskositas permukaan bensin.

Mencegah dan menghilangkan karat pada rangka motor sangat penting untuk menjaga kualitas dan umur pakai motor.  Dengan perawatan dan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat memperpanjang masa pakai rangka sepeda motor dan menghindari masalah berkarat yang serius. Jangan menunggu karat muncul, baru mulai merawat kendaraan. Lakukan perawatan secara berkala dan pastikan motor dalam kondisi prima.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Karat Rangka Motor: Cara Mencegah dan Menghilangkan Karat pada Rangka"