Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Pintu Yang Menyala

Indikator Pintu Mobil Menyala

Lampu indikator pintu mereka indikator yang berfungsi untuk memberitahukan kepada pengemudi bahwa pintu terbuka. Selain itu, jika pintu tertutup tapi belum sempurna, indikator ini juga akan menyala. Untuk itu, indikator ini sering sekali menyala. Indikator ini dilambangkan dengan gambar mobil dengan posisi pintu terbuka. Untuk di kendaraan modern, penggambaran akan lebih detail dengan masing-masing pintu, bagasi, bahkan kap mesin. 

Lampu indikator pintu

Selain ditandai dengan menyalanya lampu indikator, pintu terbuka bisa ditandai dengan lampu kabin. Jika pintu terbuka maka lampu kabin akan menyala. Tetapi, itu tergantung kita memilih selektor lampu kabin. Namun, indikator di spedometer lebih teliti. Kurang rapat sedikit saja dapat membuat lampu menyala. Baik itu satu pintu ataupun semuanya. 

Baca juga: Macam-Macam Kontruksi Bodi Kendaraan

Sama seperti lampu indikator lainnya, indikator pintu juga dapat bermasalah. Hal ini bisa terjadi jika terdapat kerusakan pada bagian pintu. Semua bagian yang berhubungan dengan penguncian pintu mobil dapat menyebabkan lampu indikator menyala. Bisa jadi rusak, aus ataupun bengkok. Sesuai hal yang menyebabkan pintu tidak rapat perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator pintu menyala. 


Penyebab lampu indikator pintu menyala terus

1. Pintu Kurang Rapat
Pintu kurang rapat
Pintu Mobil

Penyebab yang pertama adalah pintu tertutup kurang sempurna. Sesuai dengan fungsinya, lampu ini akan menyala ketika pintu masih terbuka. Cara kerjanya adalah dengan adanya sebuah saklar di pintu. Jika tertekan lampu mati, jika tidak maka lampu akan menyala. Cara mengatasinya adalah kalian coba untuk menutup kembali pintu dengan sedikit tenaga lebih. Jangan lupa juga untuk mengecek pintu bagasi. 

Baca juga: Penyebab Indikator Seatbelt Berbunyi

2. Sensor/Switch Pintu
Switch pintu
Sensor pintu

Sensor pintu merupakan komponen yang berfungsi seperti saklar. Baik itu untuk lampu kabin ataupun lampu indikator. Jika switch ini ditekan maka lampu akan mati. Komponen ini merupakan sebuah saklar dilapisi dengan karet. Tentunya, ada kalanya switch pintu dapat rusak. Bisa karena aus pemakaian atau kerusakan lain. Bisa juga kabel soket yang menuju sensor tersebut putus. Jika terjadi hal demikian, tentunya indikator mengalami malfungsi. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti komponen tersebut. 


3. Striker Lock Pintu
Striker pintu
Striker

Penyebab selanjutnya adalah striker lock pintu. Komponen ini berfungsi sebagai pengait agar pintu dapat tertutup sempurna dan dapat dikunci. Karena pemasangannya menggunakan baut, striker pintu juga bisa geser karena pemakaian. Jika sudah bergeser sedikit saja, dapat menyebabkan pintu tidak dapat tertutup sempurna. Sehingga menyebabkan lampu indikator menyala. Cara mengatasinya adalah kalian harus menyetel ulang stiker tersebut. Kendorkan baut, lalu sesuaikan posisinya. Setelah itu, kencangkan kembali bautnya. 


4. Engsel Pintu
Bagian pintu
Bagian pintu mobil

Penyebab yang terakhir adalah engsel pintu yang bengkok. Engsel pintu menjadi tumpuan saat pintu dibuka-tutup. Jika bengkok, maka pintu susah bahkan tidak bisa di tutup. Tentunya hal ini menyebabkan lampu indikator menyala. Tak hanya engselnya, pintu yang sudah tidak center atau bekas tabrakan juga bisa menyebabkan lampu menyala. Selain itu, bagian bagasi juga perlu diperhatikan. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda perlu membawanya ke tempat body repair untuk dilakukan perbaikan. 

Baca juga: Jenis-jenis Kontruksi Chasis Kendaraan

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator pintu yang bermasalah. Indikator pintu akan menyala ketika ada pintu yang tidak rapat. Biasa hal ini disebabkan oleh keausan pada sensor atau switch pintu. Selain itu, posisi striker lock pintu yang bergeser juga dapat menyebabkan lampu menyala. Cara-cara diatas dapat dilakukan guna mengatasi sensor pintu agar berhenti menyala.  Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat. 


Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Pintu Yang Menyala"