Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Daftar Motor Honda yang Belum Menggunakan Rangka eSAF, Motor Apa Saja?

Motor Honda yang Belum Menggunakan Rangka eSAF
Motor Honda yang belum memakai rangka esaf

Baru-baru ini, rangka sepeda motor jenis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dari Honda menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini dikarenakan adanya keluhan dari beberapa pengguna motor Honda Beat dan Vario yang mengalami patahan rangka akibat berkarat.

Beberapa pengguna mengungkapkan kekecewaannya yang menunjukkan rangka esaf keropos, berkarat, bahkan sampai patah di bagian tengah hingga sepeda motor tampak melipat. Dalam menyikapi fenomena ini, penting untuk menyadari bahwa rangka eSAF hanya digunakan pada beberapa model sepeda motor Honda saja. Sementara banyak tipe lain yang belum memakai rangka eSAF. 

Rangka eSAF merupakan inovasi terbaru dari Honda yang mulai diproduksi sejak tahun 2019. Rangka ini digunakan pada kendaraan skuter matik (skutik) karena beratnya 8% lebih ringan daripada rangka yang digunakan pada motor sejenis di tahun-tahun sebelumnya. Rangka ini didesain menggunakan pelat baja yang di-press dan dilas dengan teknologi las laser (laser welding).

rangka esaf
Rangka eSAF

Baca juga: Rangka eSAF: Penjelasan, Jenis Motor dan Penyeban Mengapa Rawan Keropos bahkan Patah

Berikut ini adalah beberapa jenis motor Honda yang belum menggunakan rangka eSAF:

  1. Honda Genio tahun produksi sebelum 2019
  2. Honda Scoopy tahun produksi sebelum 2020
  3. Honda Beat tahun produksi sebelum 2020
  4. Honda Beat Street tahun produksi sebelum 2020
  5. Honda Vario 160 tahun produksi sebelum 2022 
  6. Honda Vario 125
  7. Honda ADV 160
  8. Honda PCX 160 
  9. Honda Forza 250

Mengenai kasus rangka berkarat pada motor Honda yang sudah menggunakan rangka eSAF, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) sudah meminta manajemen Honda untuk menyelidiki kasus ini. YLKI juga mengimbau agar Honda menggantirugi apabila ditemukan cacat produk.

Astra Honda Motor (AHM), selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda, telah membuat klarifikasi mengenai isu ini. Mereka menyatakan bahwa warna kuning yang menjadi keluhan pengguna bukanlah karat, melainkan silikat atau senyawa.

Astra Honda Motor tentunya perlu menjawab isu ini secara serius dan melakukan investigasi mendalam untuk menjamin kualitas produknya dan kepuasan pelanggan, sebab kepercayaan konsumen menjadi hal yang sangat penting dalam industri otomotif.

Baca juga: Karat Rangka Motor: Cara Mencegah dan Menghilangkan Karat pada Rangka

Isu ini mengingatkan kita semua bahwa di era digital saat ini, informasi dengan cepat dan mudah menyebar, dan dampaknya bisa sangat besar. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai konsumen untuk selalu cermat dan selektif dalam menerima informasi.

Dalam menyikapi fenomena ini, konsumen dapat mempertimbangkan untuk memilih motor Honda yang belum menggunakan rangka eSAF jika khawatir terhadap isu rangka berkarat ini. Namun, penting juga untuk mencermati klarifikasi yang diberikan oleh Astra Honda Motor serta pengalaman konsumen lainnya guna membuat keputusan yang tepat. Demikian informasi yang bia kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Daftar Motor Honda yang Belum Menggunakan Rangka eSAF, Motor Apa Saja?"