Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

B1081 Left Front Seat Belt Pre-Tensioner Open - Nissan Code

B1081 Left Front Seat Belt Pre-Tensioner Open - Nissan Code
B1086 Nissan

Kode DTC B1086 pada mobil Nissan merupakan indikator ada permasalahan pada Pre-Tensioner Sabuk Pengaman kursi depan kiri atau penumpang. Air Bag Sensor Unit (Air Bag Control Module) memantau Pre-Tensioner Gesper Sabuk Pengaman Depan Sisi Kiri. Unit Sensor Kantung Udara menetapkan kode OBDII saat sirkuit untuk Pre-Tensioner Gesper Sabuk Pengaman Depan Kiri depan terbuka. Terbaca Left Front Seat Belt Pre-Tensioner Open artinya ada sirkuit yang terbuka di area kelistrikan Pre-Tensioner depan kiri. Berikut beberapa kemungkinan penyebab Lampu Indikator Menyala. 


Penyebab yang terjadi jika Kode B1086 muncul

  • Pre-Tensioner Sabuk Pengaman Depan Kanan Rusak
  • Harness Pre-tensioner Sabuk Pengaman Depan Kanan terbuka atau korslet
  • Sirkuit Pre-Tensioner  Sabuk Pengaman Depan Kanan bad connection
  • Kerusakan pada Airbag Unit Sensor / modul 


Apa gejala DTC kode B1086 muncul ?

Lampu Indikator Air Bag Menyala


Bagaimana Cara Mengatasi DTC Kode B1086 ?

Periksa "Kemungkinan Penyebab" yang tercantum di atas. Periksa secara visual rangkaian kabel dan konektor terkait. Periksa komponen yang rusak dan cari pin konektor yang rusak, bengkok, terdorong keluar, atau berkarat.



Prosedur Cara Pengecekan DTC Kode B1086 Nissan

  1. Langkah yang pertama adalah melakukan pengecekan DTC menggunakan Consult atau alat scanner. 
  2. Selanjutnya Pengecekan Harness atau Konektor. Periksa apakah terdapat kerusakan atau tidak. Jika ada maka segera lakukan perbaikan atau penggantian. Jika Kondisi Harness dan konektor masih normal, maka lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Langkah berikutnya adalah pengecekan wiring Harness. Pengecekan ini memerlukan servis manual untuk mengetahui spesifikasi dari masing-masing harnes dan konektor. Pengecekan meliputi apakah ada hubungan di setiap konektor dan arus power supply. Jika hasilnya tidak normal maka lakukan perbaikan atau penggantian. Jika normal, lanjut ke no 4.
  4. Lakukan Penggantian pada Pre-tensioner Seat Belt LH. Setelah selesai, scan kembali menggunakan Consult. Jika DTC hilang maka pemeriksaan berkahir. Jika masih muncul, lanjut ke langkah berikutnya. 
  5. Lakukan Penggantian Pada AirBag Sensor Unit. Ini merupakan langkah terakhir. Setelah selesai, maka lakukan men-scan ulang. Apakah DTC masih ada atau tidak. Jika sudah tidak ada maka inspeksi berakhir.  



Tindakan pencegahan untuk Servis SRS “AIR BAG” dan “SEAT BELT PRE-TENSIONER”.

  • Jangan sekali-kali memeriksa konektor listrik pada kantung udara, modul tirai udara samping, atau sabuk pengaman.
  • Jangan sekali-kali membongkar atau mengutak-atik sabuk pengaman/pretensioner retraktor, retraktor pembatas beban adaptif, inflator sabuk pengaman, atau memeriksa konektor listrik.
  • Jangan gunakan alat uji kelistrikan untuk memeriksa sirkuit SRS kecuali diperintahkan dalam Manual Servis ini.
  • Sebelum menservis SRS, matikan kunci kontak, cabut kedua kabel aki dan tunggu minimal 3 menit. Selama kira-kira 3 menit setelah kabel dilepas, kantung udara dan pre-tensioner sabuk pengaman masih mungkin terbuka. Oleh karena itu, jangan bekerja pada konektor atau kabel SRS apa pun hingga setidaknya 3 menit berlalu.
  • Kelalaian dalam mengikuti petunjuk ini dapat mengakibatkan pemasangan modul ini secara tidak sengaja, yang meningkatkan risiko cedera serius atau kematian.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "B1081 Left Front Seat Belt Pre-Tensioner Open - Nissan Code"