Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Keyless Menyala

Lampu Indikator Kunci Menyala

Lampu indikator keyless merupakan indikator untuk mendeteksi fungsi dari fitur keyless yang diterapkan. Keyless entry merupakan sebuah tombol start/stop engine. Ini adalah fitur yang menjadi ciri khas mobil modern saat ini. Fitur ini juga termasuk kedalam fitur keselamatan. Dimana untuk meminimalisir terjadinya pencurian. 

Lampu indikator key


Normalnya, keyless memang akan menyala. Tetapi, saat kunci kontak posisi ON atau mesin hidup, indikator keyless ini akan mati. Apabila terjadi kendaraan pada sistem keyless kendaraan, biasanya mobil tidak akan bisa distarter. Setra, indikator akan terus muncul ketika mencoba starter. Hal ini terjadi karena, keyless menggantikan peran kunci kontak manual. 


Saat ini, kendaraan modern memang banyak menggunakan sistem remote keyless. Selain untuk memudahkan pengguna, fitur ini juga menjadi sistem keamanan. Meskipun begitu, pengguna jangan sampai terlena. Sistem ini juga memiliki beberapa komponen yang habis pakai. Misalnya saja baterai remot. 


Jika tegangan baterai kurang, remot biasa jangkauannya makin mengecil. Bahkan, bisa juga tidak berfungsi sama sekali. Selain baterai remot, tentunya ada beberapa penyebab lain yang mungkin terjadi. Mulai dari gangguan sinyal atau memang remotnya yang sudah rusak. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi lampu indikator keyless menyala.

Penyebab Indikator Kunci Menyala

1. Baterai Drop

Baterai Remot
Baterai

Remot keyless menggunakan baterai sebagai sumber energi. Tentunya baterai tersebut memiliki usia pakai. Jika sudah mulai habis, fungsi remotnya akan menurun. Misalnya saja jangkauannya mulai mengecil. Jadi, kita perlu sedekat mungkin dengan kendaraan untuk melakukan lock/unlock menggunakan remote. Atau bisa juga, saat akan starter mobil kita harus menempelkan remote tombol starter. Jika hal ini terjadi, berarti indikasi baterai mulai drop. Untuk cara mengatasinya adalah dengan mengganti baterai tersebut. Di beberapa kendaraan, jika baterai mulai drop akan muncul tulisan baterai lemah di panel instrumen. Tapi, tidak semua terdapat hal semacam itu. 

Baca juga: Penyebab Indikator pintu menyala

2. Gangguan Sinyal

Gangguan gelombang
Gelombang sinyal

Keyless entry memanfaatkan gelombang frekuensi untuk dapat terhubung dengan receiver kendaraan. Saat ada sesuatu yang menggangu gelombang tersebut, maka kinerja dari keyless juga akan terganggu. Gangguan ini bisa saja disebabkan oleh daerah sekitar yang dekat dengan menara sutet, radio atau pemancar sinyal lainnya. Mungkin ini hanya berlaku pada kondisi tertentu. Tapi, jika terjadi kondisi seperti ini. Usahakan untuk sedekat mungkin remot dengan start button. Agar mobil dapat di starter. 


3. Salah Kunci

Remot kunci
Remot Mobil

Hal ini bisa saja terjadi, karena namanya manusia bisa teledor kapan saja. Jika anda membawa kunci yang tidak tepat, maka tidak akan berfungsi. Receiver mobil sudah memiliki kode dari keyless yang terdaftar. Jadi, tidak akan mungkin tertukar. Immobilizer hanya akan memberikan akses terhadap kode yang sudah terdaftar. 

Baca juga: Penyebab lampu Indikator TPMS Menyala

4. Remote Rusak

Remot mobil
Keyless

Penyebab lainnya ada kondisi remot itu sendiri yang sudah rusak. Komponen elektronika seperti ini jiga kerap mengalami kerusakan. Misalnya saja, tombolnya yang sudah tidak bisa ditekan, ataupun PCB dari remotnya yang sudah konslet. Penyebab remot rusak juga beragam. Ada yang karena sering jatuh, tertekan, ataupun ketumpahan air. 

Sama seperti barang elektronik lainnya, air merupakan salah satu musuh utama penyebab kerusakan. Mungkin awal-awal masih bisa digunakan, tapi kurang maksimal. Lama-kelamaan akan benar-benar mati total tidak bisa digunakan. Jika sudah terjadi seperti ini, mau tidak mau harus mengganti keyless tersebut. Mungkin sementara anda bisa menggunakan kunci cadangan. Nah, untuk mengganti keyless tidak bisa sembarang. Disarankan untuk melakukan di bengkel resmi, untuk melakukan registrasi kunci baru. 


5. Receiver Mobil Bermasalah

Receiver mobil bermasalah
Receiver

Receiver pada mobil berfungsi sebagai penerima sinyal yang diberikan oleh remote keyless. Komponen ini tertanam pada kendaraan. Ini juga sebagai perantara perintah yang diberikan oleh remot yang akan diteruskan ke komputer. Nah, komputer ini yang akan memerintah kendaraan. Misalnya mengunci pintu atau starter mobil. Nah, komponen receiver ini bermasalah atau rusak. Maka, perintah kerja tidak akan diteruskan. Otomatis fungsi dari keyless tidak berguna. Jika sudah terjadi seperti ini, maka segera untuk melakukan pemeriksaan guna dilakukan perbaikan. 

Baca juga: Cara Mengatasi Indikator Bensin yang Menyala

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator remot menyala. Ada beberapa bentuk yang ditampilkan mengenai lampu indikator tersebut. Setiap pabrikan pasti memiliki cirinya masing-masing. Keyless merupakan sebuah fitur yang dibuat untuk memudahkan pengguna. Tapi, jangan sampai kemudahan tersebut membuat kita lupa untuk merawatnya. Penyebab paling umum adalah baterai remot drop, yang seringkali tidak kita sadari. Sekian informasi kalian ini. Semoga bermanfaat. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Keyless Menyala"