Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab Lampu Indikator Airbag Menyala beserta Cara Mengatasinya

Lampu Indikator Airbag

Lampu indikator Airbag menyala merupakan tanda bahwa sistem airbag mengalami masalah. Indikator ini bisa menyala tiba-tiba tanda terjadi apa-apa. Jika terjadi demikian, pasti terdapat masalah dan segera untuk melakukan pemeriksaan. Airbag sendiri merupakan salah satu fitur keselamatan yang diterapkan pada kendaraan. 

Lampu indikator Airbag


Fitur keselamatan ini merupakan fitur wajib pada kendaraan modern. Airbag merupakan sebuah kantong udara yang akan mengembang ketika terjadi kecelakaan. Fungsinya adalah untuk melindungi pengendara dari benturan pada mobil. Terdapat sebuah sensor yang akan mendeteksi ketika mobil mengalami kecelakaan yang cukup parah. Biasanya, sensor ini juga akan mendeteksi kecepatan kendaraan. Bila terjadi kecelakaan pada kecepatan tinggi, otomatis airbag akan mengembang. 


Fungsi Airbag memang hanya sekali pakai. Tapi, berperan besar dalam menyelamatkan pengemudi. Saat mobil sudah mengalami kecelakaan dan airbag mengembang, maka komponen tersebut harus diganti. Yang harus diperhatikan adalah ketika membeli mobil bekas, indikator ini kerap menyala. Ini juga menjadi indikasi bawah mobil pernah terlibat kecelakaan. 


Nah, jika mobil dalam keadaan baik-baik saja, tidak pernah mengalami benturan. Otomatis indikator Airbag yang menyala menandakan kerusakan pada sistem tersebut. Ada beberapa penyebab yang berkaitan dengan masalah elektrikal. Sisanya merupakan masalah pada daya tahan komponen di sistem Airbag. Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator Airbag yang menyala. 


Penyebab Lampu Indikator Airbag Menyala


1. Seatbelt
Seatbelt
Sabuk Pengaman

Seatbelt mereka komponen yang masih berkaitan dengan sistem airbag. Sabuk pengaman masuk dalam komponen SRS atau Supplemental Restraint System atau bisa dikatakan sebagai sistem keamanan tambahan. Dalam rangkaian ini beberapa sistem akan bekerja sama. Misalnya ketika terjadi kecelakaan, selain ada airbag yang mencegah pengemudi terbentur. Ada sabuk pengaman yang berfungsi untuk menjaga pengemudi tidak terpental dari kursi.

Baca juga: Cara Mengatasi Indikator Seatbelt yang Bermasalah

Didalam sabuk pengaman terdapat sebuah saklar yang bisa mendeteksi penggunaan Seatbelt. Jika Seatbelt tidak terpasang, maka akan menyala indikator Seatbelt. Selain itu, dapat menyebabkan indikator airbag ikut menyala. Indikator Airbag bisa menyala terus apabila ada gangguan pada saklar Seatbelt. Bisa karena kotoran, debu atau kemasukan benda asing. Jika hanya karena kotor, maka bisa diatasi dengan cara dibersihkan. Tapi, jika komponennya yang bermasalah, maka harus diganti. 


2. Kabel dan Konektor
Kabel
Perkakas kelistrikan

Menjadi komponen wajib di cek saat terjadi permasalahan pada sistem kelistrikan. Tentunya jika ada kabel yang tidak berhubungan dapat menyebabkan malfungsi. Selain kontinuitas di kabel, hubungan antar fuse juga perlu dilakukan pengecekan. Bad connection dapat juga dapat menyebabkan lampu indikator Airbag menyala. Untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan memperbaiki masalah bad connection tersebut. Bisa dilakukan dengan membersihkan soket jika kotor, menyambung kabel jika putus, serta mengganti sekring jika putus. 


3. Kabel Spiral Bermasalah
Kabel Spiral
Kabel Spiral

Penyebab selanjutnya adalah kabel Spiral pada stir mobil. Kabel ini berfungsi untuk tombol klakson mobil. Selain itu, kabel ini juga menghubungkan komponen unit driver module Airbag yang ada di stir mobil. Biasanya jika kabel ini bermasalah bisa menyebabkan 2 malfungsi. Pertama, klakson tidak dapat berfungsi. Kedua, lampu indikator airbag menyala. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti kabel Spiral  tersebut dengan yang baru. 

Baca juga: Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Menyala

4. Module Airbag
Modul Airbag
Modul

Selanjutnya adanya masalah pada module Airbag. Module Airbag merupakan komponen yang berperan sebagai komputer dari sistem airbag. Permasalah bisa terjadi karena kontinuitas yang buruk. Ataupun bisa juga karena modulnya itu suda rusak atau eror. Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan indikator airbag menyala. Selain itu, keseluruhan dari sistem airabag tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan replacement. 


5. Kode komputer Salah
Kode
Kode

Sistem Airbag merupakan sebuah sistem yang cukup kompleks dengan beberapa kode pencocokan. Jika terdapat kode yang tidak sesuai, maka komputer tidak akan bisa membacanya. Sehingga, dapat menyebabkan lampu indikator Airbag menyala. Untuk mengatasi permasalah ini, sebaiknya anda membawanya ke bengkel resmi guna dilakukan konfigurasi ulang. Penyetelan ulang perlu menggunakan alat bantu scanner. 

Baca juga: Penyebab lampu Indikator ABS Menyala

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara penanganannya jika lampu indikator Airbag menyala. Yang dimaksud disini adalah lampu menyala tanpa terjadi apa-apa, seperti benturan atau kecelakaan. Jika karena kecelakaan, biasanya harus dilakukan penggantian secara menyeluruh. Tentunya akan memakan banyak biaya. Selalu waspada saat lampu indikator Airbag menyala. Sebagai sistem pengamanan, airbag yang bermasalah tentu tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Segera untuk melakukan pemeriksaan. Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu Indikator Airbag Menyala beserta Cara Mengatasinya"