Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Wheel Alignment Service: Manfaat Spooring & Balancing bagi Kendaraan

 Spooring dan Balancing
Wheel alignment

Wheel alignment merupakan salah satu perawatan pada kendaraan. Servis ini adalah penyesuaian sudut roda dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. Perawatan ini dimaksudkan untuk mengurangi keausan ban dan supaya stir tidak menarik ke satu sisi. 


Wheel alignment sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan saat digunakan. Setiap pabrikan pasti memiliki patokan tersendiri mengenai wheel alignment. Wheel alignment akan mengintegrasikan semua faktor dari sistem kemudi hingga suspensi. Ini dilakukan untuk menghasilkan stabilitas yang baik serta memperpanjang usia roda. 

Baca juga : Pengertian Roda dan Ban

Wheel alignment biasanya mengacu pada roda depan yang dapat mempengaruhi keseluruhan roda kendaraan yang harus diluruskan. Wheel alignment yang tidak tepat dapat mengakibatkan pemakaian ban yang tidak rata atau pada steering yang dipengaruhi oleh hentakan roda. Ketika roda-roda kendaraan telah diluruskan maka dalam kendaraan tersebut terdapat balance antara poin-poin yang ditunjukkan dalam gambar. Dalam urutan deskripsi, kita akan mengasumsikan bahwa alignment depan dan belakang tepat dan terfokus pada wheel alignment depan.


Rotasi roda


Ada beberapa sudut bentukan dari roda depan seperti camber, Caster dan lainnya. Yang tentunya akan kita bahas satu persatu dibawah ini.


Wheel Alignment Depan

Roda-roda depan menentukan arah perjalanan. Setelah keluar dari tikungan, roda-roda depan harus berputar kembali dengan lembut ke posisi lurus. Hal ini memerlukan komponen-komponen seperti front axle dan kingpin yang bekerja bersama-sama secara halus. Hal itulah yang dimaksudkan dari wheel alignment depan. Wheel alignment depan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: Camber, Caster, Kingpin inclination, Toe in


Faktor-faktor tersebut bekerja sama untuk melakukan fungsi-fungsi seperti:


  • Membuat roda kemudi mudah digunakan
  • Menjaga roda kemudi pada posisi stabil ke depan
  • Memberikan tenaga putar kembali roda kemudi
  • Mengurangi keausan penggunaan ban

Baca juga : Kontruksi Bodi Kendaraan

1. Camber
Camber

Ketika mengamati roda depan dari arah depan seperti pada gambar, maka roda akan kelihatan miring keluar. Sudut antara permukaan roda dengan garis tengah roda disebut dengan camber. Camber bervariasi dari model ke model, namun pada umumnya sudut camber adalah antara 0.5 sampai 2 derajat. Roda pada gambar disamping yang miring keluar dapat dikatakan memiliki camber positif, sebaliknya roda yang miring ke dalam adalah camber negatif. 


2. Kingpin Inclination
Kingpin Inclination

Ketika melihat roda depan dari arah depan, bagian atas kingpin kelihatan membentuk sudut ke dalam. Garis yang tegak lurus kingpin dengan permukaan tanah disebut dengan kingpin inclination.


3. TOE-IN
Toe in

Pada gambar disamping, dilihat dari atas, menunjukkan bahwa jarak antara bagian depan roda depan lebih pendek dari bagian belakang. Hal itu yang dimaksud dengan toe-in. Toe-in adalah perbedaan antara titik tengah telapak ban depan bagian depan dengan titik tengah telapak ban depan belakang. Jika roda depan bagian depan lebih lebar dari bagian belakang disebut dengan toe-out. Toe-in menjaga roda tetap lurus saat dikendarai.

Baca juga : Definisi dan komponen Drive Train

4. Caster
Caster

Jika melihat kendaraan dari samping, kebanyakan kingpin akan diset pada sudut yang terlihat pada gambar. Sudut ini disebut dengan caster dan umumnya dalam jarak 0.5 sampai 4 derajat. Huruf B menunjukkan dimana garis pusat kingpin memotong permukaan jalan jauh ke depan daripada pusat kontak yang ditunjukkan huruf A. dengan demikian, tahanan laju roda akan menarik titik kontak A kembali yang mencegah run-out samping. Hal ini juga cenderung untuk berputar balik roda kemudi ke posisi lurus ke depan. Dissebut dengan caster yang menstabilkan arah perjalanan dan membantu roda kemudi kembali ke posisinya.


Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Wheel Alignment Service: Manfaat Spooring & Balancing bagi Kendaraan "