Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Jenis, Fungsi dan komponen sistem kemudi

 Steering
Sistem kemudi

Kemudi ataupun sistem steering merupakan sistem yang mengatur arah gerak kendaraan. Pada mobil biasanya steering terhubung dengan roda depan. Sehingga memungkinkan kendaraan dapat belok arah. Sistem kemudi juga terus mengalami perkembangan, mulai dari konvensional hingga EPS. Ini dimaksudkan agar pengendara dengan mudah untuk mengontrol kendaraan. Selain itu, perkembangan teknologi juga memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. 

1. Deskripsi

Sistem kemudi menetukan arah pergerakan kendaraan. Sistem ini harus responsible untuk kenyamanan, stabil, dan yang paling penting, keamanan steering kendaraan. Sistem steering harus kokoh dan dapat diandalkan.

Steering

Sistem steering dibuat berdasarkan tiga struktur, yaitu:


Steering

Bagian untuk pengemudi mengemudikan kendaraan yang mencakup steering wheel, steering shaft, dan steering column.


Gear

Berhubungan dengan pengurangan putaran kecepatan steering shaft, dengan cara, meneruskan putaran steering shaft oleh gear-gear ke sambungan pengubung. Struktur steering gear terhubung langsung dengan rangka/frame.


Linkage

Berhubungan dengan pemindahan gerakan struktur gear ke roda depan, struktur penghubung menjaga hubungan yang tepat antara roda kiri dan kanan. Strukturnya terdiri dari Pitman arm, drag link, knuckle arm dan tie rod.

Baca juga : Wheel Alignment Service

2. Steering Gear 

a. Tipe Recirculating Ball (Tipe Rb)
Tipe Recirculating Ball

Pada gambar disamping, steering gear tipe RB ini terdapat sejumlah bola yang terletak diantara worm shaft dan nut. Ketika steering wheel diputar, worm shaft memutar menggerakkan bola-bola, dan yang akhirnya nut memutar sector. Karena pada tipe ini terdapat gesekan yang kecil, maka tipe RB ini tahan lama dan pengemudian menjadi lebih ringan.

Baca juga : Tipe - Tipe Bodi Mobil

b. Tipe Rack and Pinion (Tipe R & P)
Tipe Rack and Pinion

Pada tipe ini, pinion tersambung dengan ujung column shaft yang bertautan dengan rack dan merubah arah roda. Karena rack yang bergerak dengan tie rod, maka akan digerakkan secara langsung oleh column shaft, sehingga steering sangat responsif. Struktur dari tipe ini juga relatif sederhana.



Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Jenis, Fungsi dan komponen sistem kemudi"