Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Simak Deretan Fungsi Kepala Silinder Mobil yang Harus Diketahui

Fungsi Kepala Silinder Mobil

Mobil memiliki sedeat bagian yang memiliki fungsi yang berbeda. Dan salah satu bagian mobil yang paling adalah kepala silinder. Lalu, apa saja fungsi kepala silinder mobil? Posisi kepala silinder dalam mobil sendiri berada pada bagian dalam balok silinder. 

Fungsi kepala silinder

Kemudian kepala silinder tersebut diikat dengan menggunakan baut. Tidak hanya itu saja bagian tersebut juga harus bersifat tahan panas dan juga tahan dari tekanan tinggi selama mesin bekerja.

Beberapa Deretan Fungsi Silinder Mobil atau Cylinder Head

Dalam membuat kepala silinder diperlukan dua bahan, yaitu besi tuang dan paduan aluminium. Untuk kelebihan yang dimiliki, paduan aluminium tersebut dipercaya jauh lebih baik karena bisa melakukan pendinginan yang lebih baik.

1. Sebagai Tempat Oli Pelumas Bekerja
Oli mesin
Pelumas 

Fungsi kepala silinder mobil yang pertama adalah sebagai tempat oli pelumas bekerja. di dalam kepala silinder terdapat barisan saluran oli yang bertujuan untuk mengalirkan cairan tersebut ke poma. 

Dengan demikian komponen katup yang terdapat dalam kepala silinder bisa dilumasi dengan baik. Sehingga dalam proses gesekan pun menjadi lebih meminimalisir dan juga lancar. 

Sebenarnya saluran oli yang ada juga bisa terhubung dengan yang lainnya pada bagian silinder blok mesin. Dengan perpaduan antara keduanya, maka mesin dapat bekerja dengan baik.

Baca juga: Komponen yang ada pada kepala silinder 

2. Sebagai Saluran Intake dan Exhaust
Intake
Intake 

Manfaat cylinder head yang lainnya adalah sebagai tempat saluran intake dan exhaust. Saluran intake merupakan kanal masuk udara yang terdapat dalam ruang bakar. Saluran ini diatur oleh valve intake. 

Sedangkan untuk saluran exhaust merupakan kanal pembuangan asap dari hasil sisa pembakaran yang diatur oleh valve exhaust. Dengan adanya intake dan exhaust maka mesin akan tetap bersih dan juga terhindar dari hal yang bersifat mengganggu.

3. Sebagai Tempat Pembakaran Mesin
Ruang bakar
Ruang bakar 

Manfaat adanya kepala silinder di mobil adalah menjadi tempat pembakaran mesin. Sebab, di dalam kepala silinder terdapat ruang bakar. Ruang bakar tersebut dapat membedakan campuran udara dan bahan bakar. Sehingga mesin tersebut dapat berjalan.

Namun sebenarnya terdapat berbagai bentuk ruang bakar yang terdapat dalam ruang kepala silinder. Terdapat model wedge yang berbentuk segitiga siku-siku, hemispheric dan pentroof yang berbentuk segitiga sama kaki. 

Baca juga: Cara Kerja blok silinder pada kendaraan 

4. Sebagai Tempat Kelengkapan Mekanisme Katup
Mekanisme katup
Mekanisme katup 

Mekanisme katup merupakan bagian penting dari kepala silinder. Sebab, bertugas untuk mengatur kapan valve intake dan exhaust akan terbuka atau menutup.

Umumnya komponen yang terdapat dalam mekanisme katup berbeda-beda. Semuanya tergantung dari model kepala silinder. Salah satunya adalah sebagai DOHC (Double Overhead Cam).

5. Sebagai Tempat Air Pendingin Bersirkulasi
Air pendingin
Air 

Mesin mobil tidak boleh dalam kondisi panas dalam kurun waktu yang relatif lama. Sebab mesin tersebut bisa menjadi overheat. Itulah sebabnya dalam kepala silinder terdapat tempat air pendingin bersirkulasi melalui atr jacket.

Suhu mesin umumnya akan naik dalam proses pembakaran. Namun, pada saat ada air pendingin dengan water jacket suhu akan berusaha distabilkan. Dengan demikian dapat dalam angka yang normal.

6. Sebagai Tempat Pemasangan Busi
Spark plug
Busi

Busi adalah salah satu komponen kepala silinder yang terdapat dalam mesin mobil. Tanpa adanya busi, maka tidak akan ada api untuk melakukan proses pembakaran yang terdapat dalam ruang bakar. Jika demikian maka mesin tidak akan dapat menghasilkan tenaga.

Sehingga mobil tersebut akan ditempat. Umumnya posisi busi tersebut sebagai pemantik api langsung yang terdapat dalam ruang bakar.

Baca juga: Apa saja fungsi dari blok silinder 

Setelah mengetahui beberapa fungsi kepala silinder mobil jika terjadi kerusakan kalian bisa mengetahui bagian penyebab dan cara memperbaiki. Dan apabila kalian tidak sempat memperbaiki bisa menghubungi bengkel langganan terdekat.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Simak Deretan Fungsi Kepala Silinder Mobil yang Harus Diketahui"