Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Seatbelt Bermasalah

Lampu Indikator Seatbelt

Seat belt merupakan sebuah alat keselamatan yang disematkan pada sebuah kendaraan. Seatbelt atau sabuk pengaman akan mencegah pengemudi terlempar jika terjadi kecelakaan. Pada kendaraan modern saat ini Seatbelt dikombinasikan dengan sistem airbag. Jadi, saat Seatbelt mulai tertarik, airbag akan mulai mengembang. 

Indikator seatbelt


Seatbelt juga memiliki sebuah lampu indikator yang akan menyala untuk menunjukkan fungsi dari sistem tersebut. Lampu indikator seat belt akan menyala ketika pengemudi menjalankan kendaraan di kecepatan tertentu dan tidak menggunakan sabuk pengaman. Maka, indikator Seatbelt akan menyala dan mengeluarkan bunyi sebagai tanda peringatan. 

Baca juga: Penyebab Indikator Bensin Menyala

Normalnya seperti yang telah dijelaskan diatas. Tapi, jika ada masalah. Mungkin lampu indikator ini tidak bisa menyala walaupun sudah jalan kecepatan tinggi. Ataupun bisa juga, ketika sudah pakai sabuk pengaman tapi indikator masih menyala. Itu dipastikan komponen dari sistem Seat belt ada yang bermasalah. Berikut beberapa tips perbaikan yang mungkin bisa kalian lakukan sendiri. 

Cara mengatasi lampu Indikator Sabuk Pengaman Bermasalah

1. Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor
Soket

Yang pertama kali dilakukan pengecekan adalah kabel dan konektor dari Seat belt. Yang namanya sistem kelistrikan, hubungan antar komponen akan sangat mempengaruhi fungsi sistem tersebut. Jika ada yang tidak terhubung pasti akan menyebabkan eror. Untuk konektor seatbetl, biasanya terletak di bawah jok. Baik jok pengemudi atau jok penumpang. Periksa apakah konektor sudah terpasang dengan benar atau sedikit longgar. Periksa juga kabelnya apakah ada yang terkelupas ataupun putus. Jika sudah diketahui masalah yang terjadi, kalian tinggal memperbaikinya. 


2. Gesper Seatbelt (Penguncinya)
Seat belt
Gesper Seatbelt

Di dalam sistem penguncian sabuk pengaman terdapat sebuah sakelar. Saklar ini akan terpengaruh oleh aktivitas lock dan unlock dari sabuk pengaman. Sehingga, komputer dapat membaca apakah sabuk pengaman sudah dipakai atau tidak. Jika tidak dipakai, otomatis komputer akan memberikan isyarat melalui lampu indikator. Jika terdapat masalah pada bagian saklar ini, otomatis terdapat kesalahan pembacaan yang dilakukan oleh komputer. Sehingga lampu indikator jika ikut tidak akurat. Cara mengatasi adalah dengan melakukan pengecekan apakah ada sesuatu yang mengganjal di komponen tersebut. Ataupun memang kondisi sudah rusak. 

Baca juga: Penyebab Indikator Kunci Menyala

Itulah dua cara yang bisa kalian lakukan sendiri ketika Menkum lampu indikator Seatbelt yang tidak semestinya. Saat kalian menghidupkan mesin, lampu seatbelt akan menyala sampai pengemudi memakai seatbelt. Di beberapa kendaraan modern, terdapat sensor yang diletakkan di jok. Sehingga ketika ada yang mendudukinya dan sabuk belum terpasang, lampu indikator akan menyala. Sebagian besar kendaraan juga menggunakan bunyi sebagai pengingat tambahan untuk menggunakan sabuk pengaman. Jika sabuk pengaman diikat, lampu seharusnya mati. Sekian informasi kali ini. Semoga bermanfaat.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Seatbelt Bermasalah"