Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab lampu Indikator Rem Tangan Menyala Terus dan Cara Mengatasinya

Lampu Indikator Hand Rem Menyala


Indikator Rem Tangan Menyala Terus

Lampu indikator merupakan salah satu cara kendaraan untuk memberi tahu pengemudi akan kondisi dari kendaraan itu sendiri. Setiap lampu indikator memiliki fungsinya tersendiri. Salah satunya lampu indikator Hand Rem. Sesuai dengan namanya, indikator ini mengindikasikan bahwa hand rem ( rem tangan ) sedang aktif. Indikator handbrake akan menyala saat perangkat rem tangan aktif. 


Bagi pemula, tanda ini sering terabaikan karena kadang lupa untuk melepas handbrake atau parking brake. Selain indikator hand rem, ada banyak indikator lainnya pada dasbor mobil. Ini merupakan sistem peringatan dini ataupun ada sesuatu yang terjadi pada mobil. Indikator ini bentuknya berupa lambang-lambang khusus yang menandai beberapa bagian dari sistem mobil.

Baca juga: Cara Mengatasi Indikator ABS yang Menyala

Penyebab lampu indikator menyala biasanya karena ada sesuatu yang tidak semestinya terjadi. Namun, tidak semua lampu indikator yang menyala itu merupakan kendala. Kadang itu seharusnya memang menyala. Misalnya, indikator headlamp menyala saat lampu dinyalakan dan itu wajar. 


Namun, jika sebuah lampu indikator menyala terus, dapat dipastikan ada sesuatu yang tidak beres. Untuk artikel kali ini kita akan membahas mengenai lampu indikator hand rem yang bermasalah. Menyalanya lampu indikator secara terus menerus, tentunya akan menjadi masalah bila terus dibiarkan.  Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi lampu indikator hand rem menyala :  

 Baca juga : Komponen dan Fungsi Sistem Rem pada Kendaraan

Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Menyala 

1. Posisi Tuas Rem Tangan
Tuas rem parkir
Tuas Rem Tangan

Penyebab yang pertama indikator rem tangan menyala yaitu dari tuas remnya. Karena lampu indikator ini mengindikasikan rem tangan, maka kemungkinan posisi dari tuas rem parkir belum benar-benar turun atau terbebas. Itu mungkin saja jika posisi tuas hand rem tidak tepat. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, tentunya memainkan tuas hand rem. Menaikkan lalu turunkan kembali. Jika penyebabnya adalah posisi tuas rem tangan yang tidak tepat, maka indikator lampu akan hilang. Namun, jika masih menyala kemungkinan ada masalah lain. Lanjut ke nomor 2. 


2. Level Minyak Rem
Level Minyak Rem
Reservoir Minyak Rem

Selain mengindikasikan tuas rem parkir, indikator tersebut juga mengindikasikan level Minyak Rem. Jika minyak rem di reservoir berkurang banyak maka indikator tersebut juga akan menyala. Untuk mengatasi masalah ini, anda cukup menambahkan / mengisinya dengan minyak rem. 

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan lagi. Kenapa minyak rem bisa berkurang ? Apakah ada kebocoran di saluran minyak rem. Atau kondisi dari kampas rem yang mulai tipis. Anda harus memperhatikan hal tersebut. 

Jika memang masalah indikator lampu dari situ, maka setelah ditambahkan minyak rem, lampu indikator akan padam. Jika bukan kita lanjut nomor 3. 

Baca juga: Penyebab lampu Indikator EPS Menyala

3. Kerusakan pada switch rem 
Switch rem
Switch Rem

Selanjutnya, penyebab lampu indikator rem tangan yang terus menyala adalah adanya kerusakan pada switch rem. Jika indikator masih menyala setelah cara pertama dan kedua, bisa jadi switch rem yang bermasalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu melakukan penggantian switch rem tersebut. Namun, dipastikan terlebih dahulu apa benar-benar switch remnya yang bermasalah atau konektornya. Untuk perbaikan switch rem harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mobil lainnya.


Rem tangan juga perlu adanya dilakukan perawatan secara berkala. Mulai dari penggantian minyak rem, penyetelan rem tangan, hingga pemeriksaan ketebalan brake shoe. Itu semua dilakukan agar kondisi dari rem tangan pada khususnya selalu terjaga. Demikian artikel kali ini mengenai penyebab indikator rem tangan menyala. Baca artikel lainnya di ThisTask. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab lampu Indikator Rem Tangan Menyala Terus dan Cara Mengatasinya"