Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tertelan beserta Persyaratannya

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tertelan
Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tertelan
Kartu Debit BRI

Kartu ATM BRI mu teterlan? Kamu bingung mau bagaimana? Kamu tidak pernah panik, langkah pertama adalah kamu tetap tenang jangan panik. Kemudian, telpon call senter BRI, jangan sekali - kali menelpon no yang ada di mesin ATM, biasanya itu jebakan. Setelah itu, kartu ATM yang hilang untuk diblokir. Itu hal pertama yang harus dilakukan. Selanjutnya kita simak dulu penjelasan berikut. 


Semua kartu ATM memiliki kemungkinan untuk tertelan, apapun tipenya dan dari bank manapun. Baik tipe Private Label, Classic, Gold, Premium, BRI Bisnis, ataupun lainnya. Maksud dari tertelan disini adalah tertinggal di dalam mesin ATM. Itu bisa saja terjadi, ketika selesai menggunakan mesin ATM, biasanya kartu langsung keluar. Namun, kali ini tidak. Sehingga, kartu tidak dapat diambil. 

Baca juga : Top Up Saldo GoPay via ATM

Ataupun bisa juga, kamu lupa untuk mengambil kartu, setelah uang keluar, kamu langsung pergi. Dan teringat ketika sudah pergi jauh. Tentunya ini menjadi hal yang sangat menyebalkan. Kita juga menjadi was-was, apabila kartu ATM diambil orang dan dikuras saldo rekening kita. Tentu saja hal demikian tidak diinginkan. 

Pencurian saldo ATM

Oleh karena itu, kita harus bisa menangani masalah kartu ATM tertelam dengan baik dan benar. Dimulai dari pemblokiran kartu, agar saldo tetap aman. Sampai datang ke kantor cabang untuk membuat kartu baru. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan Kami jelaskan bagaimana cara mengatasi kartu ATM yang tertelan beserta syarat - syarat yang perlu disiapkan. 


Penyebab kartu ATM BRI tertelan

Sebelumnya, Mari kita bahas penyebab kartu ATM bisa tertelan. 

Kartu ATM tertelan

  1. Mesin ATM rusak atau eror
  2. Kartu ATM bermasalah
  3. Listrik mati
  4. Kartu ATM tidak langsung dicabut
  5. ATM dipasang perangkap jebakan


Cara Mengatasi Kartu ATM BRI yang tertelan

Tindakan pertama yang harus dilakukan saat kartu ATM BRI tertelan

  1. Ingat dan apabila perlu catat waktu dan tempat kejadian. Karena, ini akan ditanyakan saat mengurusnya nanti.
  2. Kemudian, telpon Call Center BRI ( 14017 / 1500017 ) untuk melakukan pemblokiran kartu ATM. Penting diingat, jangan pernah sekalipun memberitahu PIN kamu ke siapapun. Karena, call center tidak pernah menanyakannya. 

Kartu ATM hilang

Tindakan pemblokiran ini, tujuan supaya saldo dalam rekening tetap aman. Meskipun ada orang lain yang mendapatkan kartu ATM beserta PIN kita, itu sudah tidak bisa digunakan. Jika kamu tidak melakukan pemblokiran, uang uang yang hilang bukan tanggung jawab bank. Ini bisa dibilang kesalahan dirimu sendiri.


Syarat Mengurus Kartu ATM BRI yang Tertelan

  • KTP
  • Buku tabungan BRI


Tata Cara Mengurus Kartu ATM BRI Tertelan
Kantor cabang

  1. Setelah melakukan pemblokiran, selanjutnya adalah datang ke kantor cabang BRI terdekat. Mengurus kartu ATM tertelan bisa di cabang mana saja kecuali Teras BRI. 
  2. Kemudian, temui petugas keamanan ( satpam ) dan bilang kalau mau mengurus kartu ATM yang tertelan.
  3. Setelah itu, kamu akan diberi no antrian dan formulir yang harus diisi.
  4. Setelah no antrianmu dipanggil, temui costumer servis dan serahkan formulir tadi beserta persyaratannya.
  5. Kemudian, Customer service akan mengecek dan menanyakan beberapa pertanyaan. Seperti kapan dan di mana kejadian, jumlah saldo terakhir, alamat, dan nama ibu kandung.
  6. Kamu tinggal mengikuti prosesnya saja, maka kamu akan mendapatkan kartu ATM baru. 


Walaupun kartu ATM baru, nomor rekening dan saldonya tetaplah sama seperti semula. Kartu yang lama tidak perlu dipikirkan, karena sudah diblokir.  SMS banking mungkin perlu diaktifkan kembali. Sedangakan internet banking biasanya tidak terpengaruh meskipun kartu ATM habis terblokir.

Baca juga : Cara isi saldo Ovo lewat ATM

Langkah mengurus kartu ATM BRI tertelan di bank lain

Jenis kartu
Kartu ATM BRI type Classic, Gold, Premium, dan Bisnis dapat dipakai di ATM bank lain seperti BCA, BNI, Berdikari, dan sebagainya. Soal ini sebab BRI bekerja bersama dengan jaringan terminal ATM antarbank di Indonesia. Bisa dibuktikan kartu ATM-nya miliki tanda ATM Bersama dan Prima. Untuk tanda Visa dan Mastercard, berarti kartu dapat dipakai di luar negeri.


Pemanfaatan di ATM bank lain tidak membuat kartu ATM BRI miliki kemungkinan tertelan bertambah besar maupun kecil. Seluruhnya sama juga. Apabila hingga sampai tertelan juga prasyarat untuk mengurusinya mirip, adalah kartu identitas berbentuk KTP dan buku tabungan.


Begitu pula dengan metodenya. Mengurus kartu ATM BRI tertelan di bank lain tips-tipsnya persis. Anda tetaplah harus tiba ke kantor cabang BRI. Perbedaannya, kartu ATM lama Anda tidak miliki peluang untuk kembali. Menganggapnya saja raib. Walaupun begitu, tak perlu dicemaskan apa saja kembali karenanya telah digembok.


Mengurus kartu ATM BRI tertelan tapi buku tabungan hilang
Buku tabungan hilang

Banyak orang-orang lebih mendahulukan kartu ATM dan memandang sebelah mata buku tabungan. Saya tidak mempersalahkan. Bagaimanapun juga, ambil tunai lebih cepat serta mudah gunakan ATM ketimbang buku tabungan lewat teller. Juga setor tunai juga dapat dikerjakan tanpa buku tabungan tapi saldo dapat diperiksa memakai kartu ATM.


Soal baru muncul saat kartu ATM mempunyai masalah. Seperti rincian di atas, persyaratan mengelola kartu ATM BRI tertelan adalah harus bawa buku tabungan. Lantas, bagaimana apabila buku tabungan raib, tidak ada atau ketinggal dalam tempat yang lain jauh (umpama luar kota)?


Kartu ATM BRI tertelan selalu dapat diurusi walaupun tanpa buku tabungan. Tetapi harus dengan surat kehilangan dari polisi menjadi gantinya. Silahkan cari di internet untuk cara membuat dan contoh surat informasi kehilangan dari kepolisian itu


Mengurus kartu ATM BRI tertelan dengan buku tabungan hilang dan tanpa surat kehilangan dari polisi


Banyak orang-orang malas tiba ke kantor polisi untuk bikin surat kehilangan. Argumen mereka berbagai macam. Semisalnya repot, tidak ada waktu, posisi jauh, tidak sempat pernah, dan sebagainya. Apabila tetap ingin mengurus kartu ATM BRI tertelan, mungkinkah bisa?


Ya, kemungkinan. Tetapi langkahnya dengan membikin rekening baru beserta kartu ATM. Type tabungan dan kartu ATM dapat sama dengan yang lama. Tetapi tidak dengan nomor rekening. Setelah selesai, maka costumer servis dapat transfer seluruh saldo di rekening lama ke rekening anyar. Apabila rekening lama kamu dahulu dibuka di cabang itu pula, maka prosesnya dapat waktu itu juga.


Namun, trik di atas membutuhkan ongkos bertambah banyak. Salah satunya adalah biaya buku tabungan anyar, pengerjaan kartu ATM baru, meterai, dan penutupan rekening lama. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tertelan beserta Persyaratannya"