Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

20+ Contoh Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk fresh graduate

 20+ pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate

Pertanyaan wawancara dan jawabannya
Pertanyaan interview dan jawabannya


Hallo Sahabat semua, balik lagi di masalah Pekerjaan nih, kesempatan ini ThisTask akan mengulas masalah panduan tips tangani interview dan pembahasan pertanyaan dan langkah menjawab Interview Kerja untuk fresh graduated, kemungkinan ini akan semakin banyak membahas masalah untuk fresh graduated, karena yang telah bekerja tentu lebih tahu dengan masalah seperti ini.


Interview / Wawancara ialah aktivitas tanya-jawab secara lisan untuk mendapatkan info. Wujud info yang didapat dipastikan dalam tulisan, atau direkam secara audio, visual, atau audio visual.


Wawancara sebagai aktivitas khusus dalam pengkajian dan penilaian. Penerapan wawancara bisa memiliki sifat langsung atau tidak langsung


Arah wawancara untuk memperoleh info di mana si pewawancara melemparkan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diinterview.

Wawancara umumnya mengikutsertakan transfer info dari orang yang diinterview ke pewawancara.

Wawancara kerja

Nah jika interview / Wawancara pekerjaan adalah masalah sesi bertanya jawab kamu dengan faksi atasan akseptasi pegawai (rekruter) dengan kamu, yang mana sesi bertanya jawab itu untuk memberikan data, kemampuan dan kekuatan yang kamu punyai, jawaban - jawaban sekitar perusahaan dan mekanisme tata kerja perusahaan yang akan dilamar.


Sesi interview / Wawancara kerja itu terjadi sesudah kamu melamar di perusahaan yang diharapkan. Sesudah melamar dan lamaran kamu diterima, karena itu kamu akan jalani sesi wawancara dengan perekrut karyawan ( HRD ).


Janganlah lupa, saat sesi wawancara, bawa semua document asli sebagai tanda bukti jika data kamu asli dan kelengkapan document pendukung yang valid, supaya pihak rekrutmen dapat secepatnya melakukan review lagi data kamu dan secepatnya menjalankan sesi bertanya jawab.


(Berkas arsip data anda harus sesuai arsip lamaran anda jika memang perlu tambah arsip pendukung anda yang lain)


Panduan supaya interview kamu sukses sebagai berikut :

  • Tidak ragu - ragu menjawab.
  • Tidak gugup. ( tidak kaku)
  • Selalu jujur dan tidak berbelit-belit Belit.
  • Memberitahu data anda secara benar.
  • Tidak boleh terbata bata dan teruslah optimis.
  • Buat keadaan interview supaya tidak begitu tegang untuk anda dan HR.


Dan ada banyak panduan yang lain yang bisa kamu upayakan supaya terbentuknya wawancara kerja yang bagus dan enteng, upayakan tetap optimis supaya tidak kelihatan kaku dan gugup, itu yang penting.

Jawaban wawancara kerja

Lalu, mari kita bahas sedikit mengenai pertanyaan yang disodorkan oleh HR dan jawaban yang pas untuk menjawabnya.

Baca juga : cara menghadapi interview kerja untuk pemula

Silakan membaca, pahami dengan baik - baik ya,

Berikut penjelasannya :


1. Coba jelaskan dengan singkat mengenai diri anda ?

Pertanyaan ini diperuntukkan HR padamu untuk ketahui data dirimu seutuhnya dan jadi kesan-kesan pertama HR padamu, kamu dapat menjawab masalah data dirimu ( rumah, tanggal lahir ,tempat lahir, sekolah dan pengalaman PKL dan lain-lain mengenai dirimu seperti rutinitas, hobi, spirit, ketertarikan, keanggotaan apa yang kamu lalui di sekolah atau kampusmu dll ) yang terkait dengan status yang dilamar.


2. Apa kekurangan dan kelebihan Anda?

Anda bisa menjawab : "Kelebihan saya ialah jujur, cepat belajar, dan karyawan keras ( kamu dapat menambah kelebihan kamu lainnya, sebut saja)

kekurangan saya ialah senang lupa, susah menyesuaikan dan lain-lain. Tetapi, saya berusaha menangani kekurangan ini dengan menulis beberapa hal penting berkaitan pekerjaan di buku saku saya ( atau sebut caramu menangani kekuranganmu yang lain)."


3. Dapatkah Anda bekerja di bawah tekanan?

Kamu bisa menjawab : "Ya, saya akan usaha semaksimal kemungkinan jalani penekanan pekerjaan kelak. Disamping itu, saya berpikir tekanan dapat memberi hasil positif untuk saya karena saya dapat keluarkan kekuatan, ide, dan ketrampilan saya untuk menuntaskan pekerjaan itu."


4. Apa Anda lebih suka bekerja sorang diri atau dalam team?

Kamu dapat menjawab: "Tergantung pada pekerjaan yang perlu saya tuntaskan. Walau saya lebih suka bekerja sendiri, saya bisa bekerja dalam team dan hadapi keadaan apa saja bersama."


5. Bila Anda diwajibkan bekerja dalam team, posisi apa yang bakal Anda tentukan? 

Kamu dapat pilih tutor atau pimpinan team, bila kamu belum mampu anda dapat menjawab : "siap jadi bawahan atasan atau sisi team yang patuhi atasan team secara benar dan siap bekerja bersama secara baik dengan atau dalam team."


6. Kecuali pendidikan resmi, apa Anda mempunyai ketrampilan lain?

Kamu dapat menjawab mengenai apa ketrampilan yang kamu punyai dalam posisi yang diamar, atau ketrampilan lain di luar itu.

Seperti anda bisa memakai grinda tangan, gergaji mesin dan lain-lain.

Bila tidak, jawab saja menurut anda apa ketrampilan anda.


7. Apa Anda mempunyai rencana meneruskan pendidikan?

Bila kamu ingin meneruskan kuliah dalam periode kerja, kamu dapat menjawab iya, bila tidak maka sebaliknya.

Dan sebut argumennya misalnya : "saya akan meneruskan kuliah sesudah mempunyai modal yang cukup dan saya akan pakai pengetahuan pendidikan tinggi saya untuk raih karier yang bagus di perusahaan ini."


Bila tidak kamu dapat menjawab : "saya belum mempunyai rencana untuk meneruskan pendidikan yang semakin tinggi buat saya peroleh. Kemungkinan nanti atau tidak sama sekali, saya belum pikirkannya."

Baca juga : tipe wawancara kerja

8. Apa arti pekerjaan buat Anda?

Kamu dapat menjawab : "Untuk saya, pekerjaan bukan hanya cari uang. Tetapi, bagaimana saya dapat lakukan yang terbaik hingga berperan untuk perkembangan perusahaan dengan bekerja secara pribadi atau mungkin dengan team, dan berusaha keras dengan optimal."


9. Apa yang akan Anda kerjakan saat menghadapai permasalahan besar dalam pekerjaan?


Kamu bisa menjawab : "saya akan cari akar permasalahan itu buat memperoleh jalan keluar yang tepat. Kemudian, saya akan melakukan jalan keluar itu dalam rencana pembaruan.

Selain itu, saya akan memutuska untuk melakukan pencegahan supaya permasalahan itu tidak muncul kembali dan tetap berhati - hati dalam bekerja dan mengawasi pekerjaan saya dan team supaya berjalan secara baik."


10. Apa yang membuat Anda ketarik bekerja di perusahaan kami?


Kamu bisa menjawab : "Perusahaan ini menawarkan pekerjaan yang sesuai pengalaman, ketertarikan, spirit dan pengajaran saya. Dengan begitu, saya bisa berperan dalam lebih memajukan perusahaan ini karena sesuai kekuatan yang saya punyai."


11. Apa Anda siap bekerja lembur?


Kamu dapat menjawab : "ya, saya siap. Itu tidak jadi masalah untuk saya, karena saya memprioritaskan produktifitas supaya perusahaan bisa berjalan dengan konstan dan dapat berkembang lebih bagus dan maju terus."


12. Seberapa baik Anda mengenali perusahaan kami?


Kamu dapat menjawab : "Saya cukup mengenali perusahaan ini karena banyak rekan yang mengulas dan memakai produknya. Disamping itu, saya menyaksikan iklan perusahaan ini di media masa terkenal dengan demikian saya dapat mengasumsikan jika perusahaan ini mempunyai standard yang bagus dan terjaga buat kenaikan profesi saya."


13. Lingkungan kerja apakah yang Anda sukai?


Kamu dapat menjawab : "Saya senang bekerja di pada lingkungan yang adil atau semua sesuatunya terbuka. Proses opersional standard (SOP) terang, begitupun dengan perubahan profesi.

Hukuman dan penghargaan diterapkan dengan obyektif. Disamping itu, saya suka juga bekerja dengan kawan-kawan yang optimis dan semangat dan tetap menjaga keadaan selalu untuk aman dalam bekerja."


14. Mengapa kami harus mempekejakan Anda?


Kamu dapat menjawab : "Saya dapat bekerja dan menghasilkan yang terbaik dari diri saya untuk perusahaan, dapat bekerja di bawah tekanan dalam memperoleh tujuan perusahaan, berusaha keras dengan team dan bisa menyesuaikan pada mekanisme kerja secara baik, saya mempunyai standard kapabilitas kerja saya yang seperti spirit dan ketrampilan jalani pekerjaan pekerjaan yang berada di perusahaan ini."


15. Apa Anda siap menerima tanggung jawab yang semakin besar?


Kamu bisa menjawab : "Ya, saya siap. Dalam penglihatan saya, saya harus siap terima tanggung jawab yang besar dan status yang semakin tinggi untuk menggapai profesi yang diinginkan.

Dengan itu, saya bisa memacu diri saya hingga jadi lebih baik."


16. Apa yang menjadi kekurangan Anda?


Kamu dapat menjawab kekurangan anda sendiri, karena pertanyaan ini ialah pertanyaan yang menguji kejujuran, katakan 1 atau 2 kekurangan pasti tidak jadi masalah, seperti susah menyesuaikan atau public speaking yang buruk dan lain-lain.

(Upayakan tidak boleh menggangu jawaban masalah kapabilitas yang sudah di jawab pada pertanyaan awalnya)


17. Menurut Anda, orang seperti apa yang susah dibawa kerja sama?

Kamu bisa menjawab : "Menurut saya, orang yang susah dibawa bekerja bersama ialah orang yang tidak senang berusaha keras, senang menyalahi ketentuan, banyak mengeluh, tidak memerhatikan kualitas pekerjaan, dan senang menjelek-jelekkan seseorang."


18. Bagaimana sikap Anda pada kritikan yang diperuntukkan ke Anda?

Kamu bisa menjawab : "Dalam pengetahuan saya, manusia biasanya tidak senang dinilai secara asal-asalan. Secara individu, saya terima kritikan yang diperuntukkan ke saya.

Bila kritikan itu baik, saya akan suka hati melakukannya untuk mengoreksi diri sendiri. Bila kebalikannya, saya akan mengabaikannya."


19. Menurut Anda, apa yang membuat perusahaan kami berbeda dengan perusahaan yang lain?(HR)

Kamu bisa menjawab : "Sejauh yang saya ketahui, perusahaan ini hasilkan produk yang berkualitas. Disamping itu, sarana yang dikasih ke pegawainya lebih bagus dibanding perusahaan lain."

Baca juga : Contoh jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate

20. Apa Anda siap ditempatkan di luar kota?

Kamu bisa menjawab : "Ya, saya siap. Bekerja di perusahaan ini bermakna saya harus siap terima keputusan dan peraturan yang berjalan."


21. Terangkan rencana Anda untuk lima tahun di depan?


Kamu bisa menjawab : "Bila saya diterima bekerja di sini, dalam lima tahun di depan saya ingin jadi supervisor. Karena itu, saya akan pelajari dan pahami ruangan cakupan kerja dan tanggung jawab status itu.

Kemudian, saya akan bekerja keras penuhi apa yang diisyaratkan menjadi seorang supervisor di perusahaan ini."


22. Apa Anda merencanakan menikah  dalam kurun waktu dekat?


Kamu bisa jawabnya kan? Jika kamu akan menikah jawab saja iya, bila tidak ya kebalikannya.

Bila kamu telah menikah dan akan mempunyai anak jawab iya, demikian demikian sebaliknya.

Kemungkinan ada banyak pertanyaan yang lain dapat dilemparkan oleh HR sekitar interview pekerjaan kepadamu misalnya :

Apa rintangan paling sulit yang Anda dapatkan pada pekerjaan sebelumnya?

Apa Anda pernah absen dalam Bersekolah dahulu?

Dan ada banyak pertanyaan yang kemungkinan "aneh" yang ditanyakan pada calon rekruitment.


Nah, Demikian pertanyaan dan jawaban yang kerap dilemparkan HR ke calon pegawai saat interview / wawancara kerja. Sebaiknya kamu tidak hanya copas jawaban diatas, sesuaikan dengan kondisi dirimu. Jawaban diatas hanya sebagai contoh untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Oke, semoga bermanfaat 👌.


*Note: 

  • Pertanyaan bisa diubah oleh HR/ pihak rekruitment seperti keinginan dalam penilaian dari HR ke calon karyawan.
  • kamu dapat melakukan modifikasi jawabnya sendiri untuk masalah yang berkaitan dengan kepentingan diri sendiri dengan jujur.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "20+ Contoh Pertanyaan Interview dan Jawabannya untuk fresh graduate"