Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Apa Saja Komponen Kepala Silinder Mobil? Cari Tahu Yuk!

Komponen Kepala Silinder Mobil

Setiap mobil mempunyai komponen-komponen mesin yang memiliki fungsi masing-masing. Salah satu komponen mesin pada mobil adalah kepala silinder. Tentunya Anda harus tahu apa saja komponen kepala silinder mobil yang ternyata memiliki peranan penting lho. 

Komponen kepala silinder

Sayangnya, masih belum banyak orang yang tahu mengenai fungsi dari komponen mesin mobil ini. Padahal, komponen kepala silinder ini mempunyai peran cukup penting untuk menunjang performa mobil. Yuk, simak informasi mengenai kepala silinder mobil!

Jenis Komponen Kepala Silinder Mobil

Komponen silinder mobil ternyata mempunyai jenis yang cukup banyak lho. Mengetahui komponen yang ada pada kepala silinder tentu akan memudahkan Anda untuk bisa menggunakan mobil dengan maksimal dan aman. 

Nah, Anda bisa mencari tahu informasi mengenai komponen dari cylinder head mobil berikut ini. 

Baca juga: Fungsi Kepala silinder mobil

1. Valve Guide
Valve guide
Valve guide 

Komponen kepala silinder yang pertama adalah valve guide. Komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi mobil yaitu menggerakan komponen valve secara vertikal serta berfungsi untuk mengontrol sistem pelumasan valve stem.

2. Spark Plug (Busi)
Busi
Busi

Spark plug mempunyai fungsi untuk menghasilkan atau memproduksi bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Hal itu dilakukan agar mobil dapat berfungsi dengan maksimal. 

3. Gasket
Gasket silinder head
Gasket 

Komponen kepala silinder selanjutnya adalah gasket. Komponen ini berfungsi untuk merapatkan blok silinder dengan kepala silinder. 

Baca juga: Apa saja fungsi dari blok mesin 

4. Adjusting Shim
Adjusting sim
Adjusting Shim

Komponen ini berfungsi sebagai penyetel celah katup. Adjusting shim menjadi salah satu bagian utama di bagian katup. 

5. Block Silinder

Komponen dari kepala silinder mobil selanjutnya adalah block silinder. Komponen ini berfungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran dan tempat kepala silinder bekerja. Begini cara Kerja blok silinder pada mobil. 

6. Valve Lifter
Valve lifter
Valve lifter 

Valve lifter merupakan komponen dari kepala silinder mobil yang harus kamu ketahui. Valve lifter berfungsi untuk mengangkat katup yang ada pada bagian kepala silinder mobil. 

7. Water Jacket
Water jaket
Lubang water jacket

Komponen water jacket mempunyai fungsi yang cukup penting yakni sebagai saluran pendingin mesin beserta komponen-komponen lainnya. Hal ini dilakukan agar komponen tersebut tidak mengalami overheat. 

8. Intake Valve
Intake Valve
Katup In

Intake valve sering juga disebut sebagai katup hisap. Komponen ini berfungsi sebagai saluran tutup masuk untuk proses buka tutup. 

9. Exhaust Valve
Exhaust Valve
Katup Ex

Exhaust valve sering disebut sebagai katup buang. Katup ini memiliki fungsi yaitu untuk proses menutup dan membuka saluran buang (exhaust manifold). 

10. Valve Seat
Valve seat

Komponen kepala silinder selanjutnya adalah valve seat. Komponen ini berfungsi untuk sebagai tempat dudukan kepala tutup. 

11. Piston

Salah satu komponen dari kepala silinder yang juga mempunyai fungsi penting adalah piston. Komponen piston ini juga sering disebut sebagai torak. Piston ini berfungsi untuk mengubah tenaga panas yang akan menghasilkan tenaga mekanik. 

12. Combustion Chamber
Ruang bakar
Ruang bakar 

Komponen selanjutnya dari kepala silinder mobil adalah combustion chamber. Komponen ini memiliki fungsi sebagai tempat pembakaran yang sangat penting untuk mendukung performa mobil agar lebih maksimal. 

13. Valve Keepers 
Kuku macan
Valve keepers

Valve keepers adalah komponen selanjutnya dari kepala silinder yang berfungsi untuk pengunci katup dengan pegas yang ada pada bagian katup. 

14. To Intake Manifold

To intake manifold merupakan komponen yang akan dihubungkan dengan komponen intake manifold. 

15. To Exhaust Manifold

Komponen to exhaust manifold nantinya juga akan dihubungkan dengan komponen exhaust manifold. 

16. Oil Seal 
Oil seal
Oil seal 

Oil seal berfungsi sebagai perapat oil agar tidak menyebabkan ruang bakar menjadi bocor. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan masalah lainnya. 


Nah, itu dia beberapa komponen kepala silinder mobil yang harus kamu ketahui. Pastinya Anda sudah tahu apa saja komponen kepala silinder yang mempunyai fungsi penting untuk mobil. Semoga informasi mengenai komponen kepala silinder ini bermanfaat, ya!

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Apa Saja Komponen Kepala Silinder Mobil? Cari Tahu Yuk!"