Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala Terus dan Cara Mengatasinya

Lampu Indikator Oli

Lampu Indikator Oli

Lampu indikator yang  ada di dasbor mobil ada banyak sekali. Setiap lampu indikator memiliki fungsinya tersendiri. Salah satunya adalah lampu indikator oli. Normalnya lampu indikator oli akan menyala saat kunci kontak berada di posisi ON. Lampu indikator akan menyala. Namun, saat mesin sudah hidup, maka lampu indikator ini akan mati. Itu normalnya. 


Tapi, apa yang terjadi bila lampu indikator oli nyala terus? Apabila lampu indikator oli menyala terus, bisa dipastikan ada permasalahan pada bagian oli mesin mobil. Biasanya lampu indikator oli nyala saat mesin hidup ataupun berkendara, itu artinya tekanan oli mobil mengalami penurunan atau terdapat kesalahan kerja pada sirkulasi oli mobil. Mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang cukup untuk melumasi semua bagian mesin.

Indikator oli
instrumen panel mobil

Baca juga : Cara Kerja Sistem Pelumasan pada Mesin

Nah, disini lampu indikator oli bekerja. Ini akan memberi tahu kepada pengendara tentang kondisi kendaraan tersebut. Bila ini terjadi saat kita sedang berkendara, maka segera berhenti dan memeriksa kondisi oli mesin. Tentu saja Kita akan sulit menerjemahkan kondisi tersebut kita bagi yang tidak tahu. Pada artikel kali ini, ThisTask akan memberikan informasi seputar penyebab indikator oli menyala dan cara mengatasi lampu indikator oli menyala terus.


Penyebab dan cara mengatasi lampu indikator oli yang menyala terus

1. Level Oli Mesin

Level Oli Mesin
cek level oli

Hal pertama yang harus kita periksa adalah level dari oli mesin itu sendiri. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan. Apabila level oli kurang, kita bisa menambahkan oli terlebih dahulu. Selain mengecek level oli, kita juga bisa sekalian memeriksa kualitas oli saat dipstik di angkat. 

Note : Oli harus berada di antara garis low dan full

Setelah dipastikan bahwa oli berkurang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kebocoran. Bila oli mesin berkurang pasti ada penyebabnya apakah karena ada kebocoran atau karena kelamaan oli tidak pernah diganti. Itu mungkin saja. Bila permasalahannya di level oli, maka setelah menambahkan oli seharusnya lampu indikator akan mati.


2. Sensor tekanan oli 

Sensor Tekanan Oli
Sensor oli

Penyebab lampu indikator oli menyala yang selanjutnya ada sensor tekanan oli yang bermasalah. Biasanya indikator oli nyala saat RPM rendah adalah tanda - tanda kerusakan pada sensor tekanan oli. Sensor tekanan oli berfungsi sebagai pembuka saklar saat pompa oli menghasilkan tekanan oli melebihi batas pegas sensor. 

Baca juga: Penyebab Indikator Baterai Menyala

Ketidaksesuaian penilaian sensor terhadap kondisi oli mobil tersebut membuat sinyal fault terpancar. Sehingga lampu indikator oli tetap menyala pada dasbor mobil. Hal ini juga dapat kita pastikan lagi dengan cara menaikkan rpm atau gas. Saat RPM tinggi lampu akan mati tapi, saat RPM rendah lampu kembali nyala. Kita bisa cek lebih lanjut terhadap sensor tekanan oli. Bila benar sensornya yang bermasalah, kita bisa melakukan penggantian.


3. Pompa oli bermasalah

Pompa oli
Pompa oli

Penyebab indikator oli mobil menyala berikutnya ada pompa oli yang bermasalah. Pasalnya ini berkaitan juga dengan tekanan oli yang dibaca oleh sensor. Pompa Oli itu sendiri berfungsi untu menyalurkan oli mobil, pengontrol tekanan dan sirkulasi oli mobil. Saat pompa bekerja, oli akan mengalir melalui saluran sistem pelumasan dan melumasi komponen mobil yang bergesekan dengan komponen lainnya. Ini juga akan menghasilkan tekanan. 


Jika sensor tekanan oli mengindikasikan adanya ketidaknormalan terhadap tekanan aliran oli, maka sinyal akan dikirimkan dan lampu indikator yang terus menyala. Biasanya, pompa oli yang rusak disebabkan poros roda gigi pada pompa bermasalah, misalnya mengalami keausan. Kondisi seperti ini sering terjadi saat mobil melaju dengan RPM yang rendah. Sama seperti nomor 2. Cara mengatasinya adalah mengganti pompa oli tersebut. 


4. Saluran Sirkulasi oli

Saluran sirkulasi oli
Sirkulasi Oli

Penyebab yang terakhir adalah saluran sirkulasi oli tersumbat. Jika sensor norma, pompa juga normal, bisa jadi saluran sirkulasi olinya bermasalah. Walaupun tekanannya normal, jika tidak bisa tersalurkan tetap saja sensor tidak dapat membacanya. Ini bisa dilihat dari indikasi adanya tumpukan kotoran di daerah tutup oli ataupun di dipstik. Akan kelihatan jika ada endapan kotoran oli. Atau biasa disebut oil sludge. Nah , jika permasalahannya adalah saluran oli yang tersumbat. Maka cara mengatasinya dengan over haul mesin. Membersihkan bekas endapan oli di komponen mesin. 

Baca juga: Penyebab Indikator Rem Tangan Menyala

Hal yang harus diperhatikan jika lampu indikator mobil masih menyala meskipun sudah ditambahkan oli ( untuk langkah awal), bisa jadi penyebabnya ada pada tekanan oli. Tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli yang mendorong oli menuju mesin. Jika hal ini terjadi dan mobil tetap dipaksa jalan, maka akan menimbulkan efek rusak yang lebih parah. Jadi alangkah baiknya untuk segera mematikan kendaraan.  

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lampu indikator oli yang menyala terus. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala Terus dan Cara Mengatasinya"