Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator EPS Menyala

Lampu Indikator Electric Power Steering

Lampu Indikator Power Steering berfungsi untuk memberitahukan kepada pengemudi jika ada masalah pada sistem power steering. Sistem power steering itu sendiri berfungsi untuk meringankan beban putaran roda kemudi. Sehingga, pengemudi dapat dengan mudah untuk memutar roda kemudi. Nah, jika putaran stir terasa berat disertai lampu indikator menyala. Itu bisa dipastikan sistem power steering terdapat masalah. 
Lampu indikator EPS

Sebelum lanjut kita bahas sedikit mengenai sistem power steering. Sistem power steering biasanya terdapat dua macam, yakni hidrolik power steering dan electric power steering. Kedua sama-sama meringankan putaran stir saat jalan pelan. Bedanya, hidrolik power steering digerakkan menggunakan pompa oli. Sedangkan electric power steering digerakkan menggunakan motor listrik. 
Sistem power steering hidrolik menggunakan tenaga putaran mesin untuk menggerakkan pompa. Pompa dihubungkan oleh fanbelt agar berputar menghasilkan minyak bertekanan tinggi. Sedangkan, Sistem Electric power steering mengandalkan motor listrik. Motor listrik mendapatkan tenaga dari aki. EPS lebih banyak digunakan karena lebih efisien. Tidak digerakkan oleh mesin, sehingga beban berkurang. Otomatis lebih irit bahan bakar. 

Selain itu, sistem EPS juga hampir bebas perawatan dan lebih simpel. Kendati demikian, bukan berarti sistem EPS bebas dari masalah. Kalian harus tetap waspada dengan gangguan yang mungkin terjadi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai penyebab lampu indikator EPS menyala dan cara mengatasinya. 

Penyebab Lampu Indikator EPS Menyala

1. Alternator dan Aki

Aki mobil
Baterai
Sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan motor EPS, aki harus selalu dalam kondisi yang optimal. Sumber daya listrik baterai diproduksi oleh alternator. Ketika aki bermasalah (bahkan soak), tenaga listrik yang dialirkan akan menjadi kurang dan dapat mengganggu motor EPS. Termasuk juga aliran listrik dari alternator saat mesin hidup. Jika, pengisian kurang, maka dapat menyebabkan lampu indikator menyala. Jika sudah terjadi seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan melakukan replacement komponen tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya kondisi seperti ini adalah dengan melakukan servis berkala kendaraan. 

2. Motor EPS Bermasalah

Motor EPS
Motor EPS

Motor EPS mereka komponen yang berperan langsung terhadap gaya putar roda kemudi. Motor EPS akan ikut berputar ketika pengemudi memutar stir. Motor EPS mendapatkan energi dari power supply dan akan memutar steering shaft sesuai dengan pembacaan sensor. Tentunya jika Komponen ini bermasalah akan menyebabkan lampu indikator menyala dan stir terasa berat. Hal ini bisa terjadi ketika motor EPS terkena air atau terjadi korsleting. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan replacement komponen tersebut. 

3. Modul EPS Bermasalah

Modul EPS
Modul EPS

Selain motor, EPS juga memiliki modulnya sendiri. Modul itu ibarat otaknya sistem dari elektrik power steering. Modul EPS akan mengolah data yang diterima dari sensor dan akan meneruskan perintah ke motor EPS. Biasanya komponen seperti jarang terjadi masalah. Tapi, jika terjadi masalah bisa berakibat buruk. Seperti, stir tidak berfungsi sama sekali. Jika sudah terjadi seperti ini, maka segera melakukan perbaikan di tempat servis. 


4. Sensor EPS Bermasalah

Sensor Torque EPS
Sensor EPS

Sensor EPS akan membaca dan memberikan data sudut putar steering wheel ke modul EPS. Tentunya jika sensor bermasalah, maka akan menyebabkan pembaca sistem EPS kurang akurat. Biasanya sistem EPS terdapat dua sensor. Yang pertama, sensor torque untuk membaca output putaran mesin. Yang kedua speed sensor untuk kecepatan aktual roda. Kedua sensor ini berfungsi untuk menyesuaikan bobot kerja sistem EPS.  Jika kedua sensor EPS bermasalah, segera untuk melakukan pemeriksaan guna dilakukan perbaikan/penggantian. 

5. Cross Joint Steering dan Steering Rack

Rack Steering
Steering Rack

Cross Joint dan Steering rack merupakan komponen mekanikal yang meneruskan gaya putar steering wheel ke roda depan kanan kiri. Cross Joint merupakan Shaft penghubung dari stir ke rack steering. Untuk Komponen rack steering terletak di bagian bawah kendaraan dan rentan terhadap kerusakan. Tapi, tidak selalu akan menyebabkan lampu indikator EPS menyala. Tergantung tipe EPS yang diterapkan paa kendaraan tersebut. Tapi yang jelas, jika rack steering bermasalah, maka akan menyebabkan bunyi di kaki-kaki mobil dan saat stir dibelokkan. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian atau diperbaiki jika masih memungkinkan. 


Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator EPS yang menyala. Sistem EPS memiliki beberapa tipe berdasarkan letak motor EPS-nya. Setiap tipe pasti memiliki sedikit perbedaan. Tapi, pada dasarnya sama. Selain penjelasan singkat kali ini. Semoga bermanfaat.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator EPS Menyala"