Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator ABS Menyala

Lampu Indikator ABS 

Lampu indikator ABS merupakan indikator untuk mendeteksi kinerja dari sistem ABS kendaraan. ABS itu sendiri merupakan sebuah sistem yang mencegah terjadinya ban terkunci saat kendaraan di rem di kecepatan tinggi atau saat rem mendadak. ABS merupakan singkatan dari Anti-lock Braking Sistem. Lampu indikator ini letaknya di instrumen panel mobil bersama indikator lain. 

Lampu indikator ABS


Pada dasarnya, lampu indikator ABS memang akan menyala. Tapi, hanya saat mobil baru dinyalakan. Setelah itu lampu akan mati. Tetapi, jika lampu ini terus menyala saat anda sedang berkendara. Tentunya ada masalah yang terjadi di dalam sistem ABS tersebut. Adanya gangguan di dalam komponen ABS akan menyebabkan lampu indikator menyala. 

Baca juga: Cara Kerja Sistem Pengereman Kendaraan

Mengingat pentingnya fitur ABS pada kendaraan, maka harus selalu di cek agar kondisinya selalu optimal. Yang terpenting adalah saat lampu ini menyala, anda jangan panik. Walaupun ini berkaitan dengan sistem pengereman. Bukan berarti kendaraan tidak bisa di rem. Sistem rem masih bisa dioperasikan dengan normal. Hanya saja, resiko ABS-nya tidak bekerja. 


Indikator ABS merupakan suatu tanda yang diberikan untuk pengendara agar memperhatikan sistem ABS. Biasanya jika lampu indikator ini menyala terdapat beberapa permasalahan. Misalnya saja sensor- -sensor di roda kotor sehingga pembacaan eror. Atau masalah kontinuitas yang tidak terhubung karena kabel putus. Dan lain sebagainya. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu indikator ABS menyala. 

Lampu Indikator ABS Menyala

1. Speed Sensor Bermasalah

Sensor ABS
Speed Sensor

Penyebab pertama yang biasanya terjadi adalah gangguan pada speed sensor. Speed sensor letaknya dekat dengan as roda. Dimana berfungsi untuk mendeteksi putaran roda. Karena letaknya di bagian bawah kendaraan, sensor ini rentan kotor. Sehingga pembacaannya bisa eror. Selain itu, sensor tersebut memang sudah tidak dapat mendeteksi kecepatan. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan sensor tersebut atau mengganti dengan part baru. 

Baca juga: Cara Mengatasi Indikator Rem Tangan Menyala

2. Kabel-Kabel Bermasalah

Kabel bermasalah
Kabel putus

Selanjutnya yang biasa terjadi pada sistem kelistrikan adalah masalah perkabelan. Kontinuitas menjadi penyebab utama dari lampu indikator menyala. Tidak adanya hubungan dari dari power supply ke sensor atau sensor ke ECU menyebabkan sistem tidak dapat bekerja. Misalnya saja sambungan antar soket yang kendur atau ada kabel yang putus. Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya dengan memperbaiki bad connection tersebut. Selain itu, menyambung kabel yang keliru juga bisa menyebabkan lama indikator menyala. Jadi, dalam memperbaiki juga perlu ketelitian. 


3. Modul ABS Bermasalah

Pompa ABS
Modul ABS

Penyebab selanjutnya adanya permasalahan di modul ABS. Modul ini sendiri berfungsi sebagai pengatur seberapa banyak tekanan minyak rem yang akan di berikan ke masing-masing roda. Berdasarkan informasi dari speed sensor dan control unit. Pertanda komponen ini bermasalah adalah pedal rem kurang responsif disertai lampu indikator menyala dan yang lebih parahnya rem sampai mengunci. Nah, jika sudah terjadi seperti ini. Mau tidak mau harus mengganti komponen tersebut. 

Baca juga: Penyebab Indikator EPS Menyala

4. ECU Bermasalah

ECU mobil
Control Unit

Selanjutnya adalah control untuk yang bermasalah. ECU merupakan sebuah otak elektronik pada kendaraan yang berfungsi untuk mengatur semuan sistem elektronik di kendaraan. Biasanya jika komposisi ini bermasalah, maka bisa menyebabkan banyak masalah muncul. Namun, tidak menutup kemungkinan hanya terjadi masalah di satu sistem saja. Misalnya saja masalah hanya terjadi pada kelistrikan sistem ABS, tentunya lampu indikator ABS akan menyala. Jika sudah seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan mengganti part tersebut. Atau bisa juga membawa ke tempat repair. Namun, tentunya itu akan beresiko. 


Itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika lampu indikator ABS menyala terus. ABS itu sendiri merupakan sebuah fitur keselamatan pada kendaraan. Tidak semua kendaraan disematkan fitur ABS. Tapi, untuk kendaraan sekarang ini, fitur ABS merupakan sebuah hal yang wajib ada. Demikian penjelasan singkat mengenai lampu indikator ABS. Semoga bermanfaat. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator ABS Menyala"