Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Rangkaian Seri dan Paralel : Rangkaian Elektronika

A. Tipe - Tipe Rangkaian
Tipe-tipe rangkaian

Seluruh sirkuit harus memiliki Power Supply, Beban dan Massa untuk beroperasi dengan baik. Di dalam kendaraan Nissan, elemen-elemen tersebut disusun dalam dua jalur yang berbeda yaitu sirkuit seri dan parallel.


1. Rangkaian Seri

Power Supply, Beban dan Massa disusun sedemikian rupa sehingga arus hanya dapat melalui satu jalur sirkuit. Akibatnya, aliran arus akan menjadi sama ketika diukur dalam sirkuit. Tegangan dalam sirkuit seri, akan berangsur-angsur turun karena tegangan dalam sirkuit terbagi ke masing-masing beban.

Rangkaian seri

Sirkuit seri akan beroperasi apabila tidak ada sirkuit yang terbuka. Sebagai contoh seperti yang terlihat pada gambar, jika saklar tidak tersambung, dan membuat srkuit menjadi terbuka, maka tidak ada arus yang akan mengalir dan lampu juga tidak akan hidup.

Baca juga : Rangkaian Kelistrikan pada Sistem ECCS Nissan

2. Rangkaian Paralel

Dalam sirkuit parallel terdapat dua atau lebih jalur untuk aliran arus. Sirkuit lampu belakangpada kendaraan menggunakan sirkuit parallel. Jika salah satu lampu mati, arus akan terus mengalir melalui jalur yang lain dalam sirkuit tersebut, dan lampu yang lain masih tetap menyala.

Rangkaian paralel

Pada contoh di bawah ini, jika salah satu lampu dalam sirkuit parallel terputus/mati, maka arus akan tetap mengalir melelui jalur yang lain, dan lampu yang lain tetap menyala.


Pada sirkuit parallel, jika hambatan dari masing-masing lampu sama, maka aliran arus juga sama. Jika hambatan berubahpada salahsatu jalur, maka aliran arus yang mengalir pada jalur tersebut juga berubah. Sambungan yang buruk pada salah satu lampu akan merubah hambatannya dan akan membuat lampu tersebut redup, namun lampu yang lain tidak terpengaruh.

Rangkaian lampu

Mobil pada umumnya menggunakan sirkuit parallel ketika lebih dari satu BEBAN menerima POWER, seperti pada sirkuit lampu belakang. Ketika men diagnosa sirkuit parallel, jika tidak ada beban yang beroperasi, periksa dahulu kemungkinan terjadi sirkuit terbuka sebelum sirkuit rusak. Jika salah satu atau dua beban redup, periksa kemungkinan terjadi hambatan tinggi pada sirkuitnya.


Sebagai tambahan, kendaraan mobil juga menggunakan sirkuit seri/parallel yang merupakan kombinasi dari dua tipe. Bagian parallel dari sirkuit seri/parallel dapat di-diagnosa seperti halnya sirkuit parallel, dan bagian seri juga dapat di-diagnosa seperti halnya sirkuit seri.

Baca juga : Dasar - Dasar Kelistrikan Otomotif

B. Pedoman Troubleshooting

Poin-Poin Diagnosa

  1. Langkah 1, untuk sirkuit-sirkuit yang masih asing, mungkin dapat dimulai dengan diagram skematis. Berikut ini akan memberikan gambaran luas mengenai sirkuit. Diagram skematis akan menunjukkan komponen-komponen sirkuit, dan jalur-jalurnya dimana harus dipasang kabel. Selalu menempatkan sirkuit Beban terlebih dahulu, selanjutnya membuat jejak kabel untuk menempatkan Power Supply dan Massa.
  2. Langkah 2, Gunakan wiring diagram untuk gambar sirkuit yang lebih lengkap. Wiring diagram merupakan sumber pedoman terbaik untuk membuat jejak kabel yang logis pada sirkuit karena terdapat juga informasi-informasi seperti warna kabel, nomor-nomor konektor, dan layout kotak relay. Gunakan pengetahuan anda tentang Power Supply, Beban dan Massa sepanjang wiring diagram untuk membimbing anda dalam memisahkan sirkuit untuk pengetesan.
  3. Langkah 3, Layout sirkuit kelistrikan bagian dari Service Manual akan memberikan sirkuit kelistrikan yang spesifik dan lokasi konektor yang terdapat didalam kendaraan. Dengan menggunakan layout diagram sirkuit kelistrikan, Anda dapat menemukan lokasi yang tepat pada kendaraan dalam melakukan diagnosa.
  4. Langkah 4, Akhirnya, menempatkan komponen-komponen yang sebenarnya dengan poin-poin pemeriksaan yang paling dapat diperoleh dengan menggunakan Unit Lokasi Elektronik adalah bagian dari Service Manual.


Ketika membuat pemeriksaan elektronik perlu diingat untuk senantiasa. menggunakan poin-poin pemeriksaan yang:

  • Paling cepat untuk menentukan pemeriksaan
  • Paling mudah untuk menentukan pemeriksaan
  • Akan memberitahukan informasi tentang sirkuit

C. Syarat - Syarat Rangkaian

Dasar dalam pembicaraan mengenai kelistrikan dalam kendaraan adalah SIRKUIT. Sirkuit adalah jalur lengkap untuk aliran kelistrikan. Sirkuit elektronika terdiri dari kabel-kabel, konektor, saklar, relay dan komponen elektronika.

Jalur kelistrikan

Terlepas dari sirkuit yang rumit, atau nomor komponen dalam sirkuit, terdapat tiga elemen penting yang harus dimiliki dalam seluruh sirkuit agar dapat berfungsi yaitu:


  • Power Supply (Sumber) Baterai dan jalur listrik dari baterai ke beban pada sisi positif (+) sirkuit.
  • Beban komponen kelistrikan seperti lampu, menghasilkan panas atau gerakan di dalam sirkuit.
  • Massa Jalur kelistrikan dari beban kembali ke baterai pada sisi sirkuit negative ( - ) 


Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Rangkaian Seri dan Paralel : Rangkaian Elektronika "