Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Kenapa kandidat perlu menyiapkan pertanyaan saat wawancara kerja ?

Kenapa kandidat perlu menyiapkan pertanyaan saat wawancara kerja
Kenapa kandidat perlu menyiapkan pertanyaan saat wawancara kerja
Kenapa kandidat perlu menyiapkan pertanyaan saat wawancara kerja

Kenapa Kandidat perlu menyiapkan Pertanyaan saat Interview ?

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah orang tersebut memiliki kepercayaan diri untuk melakukan kegiatan dengan baik serta melihat apakah dia layak atau tidak untuk diterima.


Jika kamu sudah sering atau beberapa kali melakukan wawancara kerja, kamu seharusnya menyadari bahwa pertanyaan pewawancara memiliki pola. Salah satunya adalah  “apakah ada pertanyaan?” di bagian akhir saat interview.


Tapi kebanyakan orang tidak menggunakan kesempatan ini untuk bertanya. Kebanyakan memilih untuk menjawab tak ada lagi yang perlu ditanyakan.

Baca juga : Contoh jawaban wawancara kerja fresh graduate

Padahal, mengajukan pertanyaan dapat menjadi tanda bahwa kamu memperhatikan dengan seksama dan tertarik dengan pekerjaan yang dilamar. Serta dapat menjadi nilai tambah bagi kamu. Lalu, apa yang harus ditanyakan pada sesi kali ini? Tenang, ThisTask akan memberikan tips untuk menghadapi tipe pertanyaan ini.


Siapkan Dulu Pertanyaan Wawancara

Sebaiknya kamu menyiapkan pertanyaan sebelum diberikan kesempatan bertanya saat interview. Ada baiknya juga kamu mempersiapkan beberapa pertanyaan. Karena, ini dapat membuatmu lebih siap saat diberi kesempatan untuk bertanya saat wawancara. 

Siapkan pertanyaan wawancara


Meskipun demikian, kadang kala kamu juga perlu menyesuaikan lagi dengan keadaan saat wawancara. Sebaiknya jangan menanyakan pertanyaan yang sudah terjawab melalui proses wawancara. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan banyak pertanyaan. Perlu diingat, kamu harus tahu dengan siapa melakukan wawancara dalam menyiapkan pertanyaan.


Secara umum, ada 2 jenis pewawancara, Human Resources Development  (HRD) atau calon manajer/user-mu. Keduanya memiliki kriteria yang berbeda. Oleh sebab itu, pertanyaan yang akan diajukan juga berbeda terhadap keduanya.  


Hal yang Dapat Ditanyakan

Pertanyaan untuk HRD

Ketika kamu ditanya apakah ada pertanyaan saat wawancara, ada beberapa pertanyaan spesifik yang dapat kamu tanyakan.

HRD adalah orang-orang yang sangat mengerti perusahaan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pilih pertanyaan berkaitan dengan perusahaan tempatmu melamar kerja. Contohnya :


  • Apabila saya diterima di perusahaan ini, bagaimana ekspektasi HRD pada saya, terkait dengan budaya perusahaan?
  • Apa tujuan dari perusahaan secara keseluruhan pada tahun ini?
  • Apa tahap seleksi selanjutnya setelah interview ini?
  • Jika saya lolos ke tahap selanjutnya, kapan saya akan dihubungi kembali?
  • dan lain-lain

Pertanyaan untuk manajer/user

Berbeda dengan HRD,  User/Manajer merupakan orang yang lebih mengerti bagaimana pekerjaan yang harus diakukan apabila kamu diterima. Maka dari itu, ketika manajer/user bertanya apakah ada pertanyaan saat wawancara, tanyakan tentang pekerjaanmu secara spesifik. Contohnya :

  • Bagaimana alur kerja pada (posisi yang kamu lamar) di perusahaan ini?
  • Dengan siapa saja saya akan paling banyak bekerja sama?
  • Hal-hal teknis lainnya soal pekerjaan dan posisimu di dalam tim
  • dan lain-lain

Baca juga : cara menghadapi wawancara kerja untuk pemula

Hal yang Sebaiknya Tidak Ditanyakan

Setelah kamu mengetahui apa saja yang dapat kamu tanyakan saat ditanya apakah ada pertanyaan saat interview, kamu juga perlu mengetahui hal yang sebaiknya tidak ditanyakan. 

Sebaiknya tidak ditanyakan saat wawancara


Hindari pertanyaan-pertanyaan yang dengan mudah dapat kamu jawab dengan mencarinya sendiri. Misalnya, lewat mencari di internet atau membaca job description saat melamar kerja. Nah, sebaiknya jangan menanyakan tentang gaji dan benefit yang akan dapatkan. 


Karena, bisa jadi kamu dianggap tidak tertarik dengan perusahaan, tetapi lebih tertarik dengan gaji dan keuntungan. Dan biasanya gaji akan ditanyakan secara terpisah oleh pewawancara. Selain itu, hindari juga pertanyaan yang membutuhkan banyak penjelasan. Tentu saja ini bisa mengganggu pewawancara.

Baca juga : jenis jenis wawancara kerja

Itulah beberapa hal yang dapat kamu tanyakan apabila diberi kesempatan untuk bertanya saat interview.

Perlu diingat, wawancara kerja bisa menjadi kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan dan mengembangkan karier. Jadi, berusaha semaksimal mungkin ya.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Kenapa kandidat perlu menyiapkan pertanyaan saat wawancara kerja ?"