Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Begini Cara Kerja Blok Silinder Mobil yang Mesti Anda Ketahui

Cara Kerja Blok Silinder Mobil
Cara Kerja blok silinder

Kalau Anda bertanya apa komponen terpenting dari mesin mobil secara keseluruhan? Jawabannya tidak lain adalah blok silinder. Sudah tahukah Anda cara kerja blok silinder mobil?

Jika belum, Anda sudah berada di halaman yang tepat karena di sini Anda akan menyimak info penting yang perlu Anda ketahui mengenai blok silinder mobil. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Apa Itu Blok Silinder?
Blok silinder
Blok mesin 

Blok silinder jadi komponen paling penting dalam sistem mesin mobil. Komponen ini juga jadi komponen terbesar yang terpasang pada mesin kendaraan dan terhubung dengan banyak komponen mesin lainnya.

Komponen blok silinder terdiri dari kepala silinder, poros engkol, piston, dan lain sebagainya. Ada beberapa silinder pada komponen ini dimana piston nantinya akan bekerja naik-turun. 

Blok silinder pada mobil modern umumnya terbuat dari paduan logam tepatnya yaitu paduan aluminium. 

Konstruksi material logam dari blok silinder yang kemudian mampu menyalurkan panas dari proses pembakaran ke sistem pendingin.

Baca juga: Apa saja fungsi dari blok silinder pada kendaraan?

Apa Saja Komponen dari Blok Silinder?

Blok silinder mobil terdiri dari lima komponen utama disamping komponen pendukung lainnya. Berikut kelima komponen yang dimaksud.

1. Silinder
Silinder
Silinder 

Silinder tentu saja jadi komponen utama dari blok silinder. Komponen ini berupa lubang yang menjadi tempat atau wadah dari piston. Lubang dari silinder terlapisi oleh cylinder liner yang nantinya akan mengurangi gesekan antara dinding silinder dan piston.

2. Saluran Minyak

Saluran minyak menjadi jalur buat oli saat melumasi kepala silinder dan komponen blok silinder lainnya. Pelumas pada bak oli nantinya akan dipompa agar bisa naik ke saluran minyak.

3. Water jacket
Water jacket
Lubang water jacket 

Komponen ini yang nantinya akan menyerap panas akibat proses pembakaran bahan bakar pada dinding silinder. Water jacket selanjutnya akan memindahkan panas ke radiator untuk pendinginan.

Baca juga: Komponen - komponen kepala silinder mobil 

4. Engine Mounting
Engine Mounting
Mounting 

Komponen ini sebagai pengait mesin dengan chasis yang nantinya akan berperan dalam meredam getaran dari mesin mobil.

5. Crankcase

Crankcase atau tempat untuk poros engkol berada di bagian bawah blok silinder. Lekukan pada komponen ini menjadi dudukan untuk poros engkol dan bantalan poros engkol. 

Bagaimana Cara Kerja Blok Silinder Mobil?
Blok mesin
Mesin 

Terdapat empat proses penting yang terjadi dalam blok silinder yaitu pembakaran, pergerakan piston, penyaluran energi serta pengendalian suhu. Saat mobil mulai dijalankan maka akan terjadi proses pembakaran bahan bakar pada blok silinder.

Energi yang kemudian dihasilkan dari proses pembakaran akan menciptakan daya dorong yang membuat piston dapat bergerak naik dan turun. 

Awalnya piston akan tertekan turun dan saat ada energi yang besar, poros engkol dan connecting rod akan mendorong piston untuk naik.

Baca juga: Deretan fungsi kepala silinder mobil 

Ketika proses pembakaran terjadi maka akan terjadi pelepasan kalor atau panas. Saat itu, blok silinder akan mengalirkan cairan pendingin di setiap sela-sela silinder sehingga mesin tidak akan mengalami overheat.

Komponen ini juga mengalirkan oli yang membuat piston dan komponen lainnya dapat bekerja dengan baik walaupun saling bergesekan serta mencegah komponen menjadi aus.

Cara kerja blok silinder mobil terbilang cukup kompleks dengan melibatkan banyak komponen dari mesin mobil. Agar performa mesin mobil tetap bagus, Anda tidak boleh melupakan perawatan dari blok silinder mobil Anda. 

Dengan tambahan info ini Anda pastinya sudah bisa mengetahui komponen apa saja dari blok silinder yang butuh perhatian dengan memberi perawatan ekstra.

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Begini Cara Kerja Blok Silinder Mobil yang Mesti Anda Ketahui"