Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beli ban oli dan helm di lazada

Kartu Prakerja : Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

 Kartu Prakerja


Kartu Prakerja

Kartu Prakerja, mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi. Namun bagi sebagian lagi masih tidak tahu apa sih kartu Prakerja? Apa manfaatnya ? Serta bagaimana cara mendapatkannya ? Nah, pada kesempatan kali ini ThisTask akan membasa beberapa hal yang berkaitan dengan kartu Prakerja.

Pengertian Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang ditujukan kepada para pencari kerja ataupun korban PHK untuk mendapatkan peningkatan skill dan keahlian. Kartu yang digagas oleh Presiden Jokowi ini, akan memberikan program pelatihan dan pembinaan kepada WNI yang belum memiliki keterampilan. Selain itu, kartu prakerja diharapkan dapat mengatasi masalah kemiskinan dan kartu prakerja cocok untuk dunia industri 4.0.

Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan.


Manfaat Kartu Prakerja

Kartu Prakerja awalnya ditujukan untuk orang muda yang baru lulus dari SMK/sederajat maupun Universitas. Namun, untuk saat ini Kartu Prakerja diperuntukkan juga bagi orang yang sedang mencari kerja, korban PHK ataupun pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan. Secara singkat, kartu prakerja dapat didapatkan oleh semua WNI yang tidak sedang menjalani pendidikan formal, namun tidak termasuk ASN. Lalu apa benefit / manfaat yang diperoleh dari Kartu Prakerja ? Berikut beberapa keuntungan memiliki kartu prakerja : 

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  3. Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch.
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal.
  5. Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19.

Atau secara sederhana, kamu akan mendapatkan tunjangan untuk biaya program pelatihan kerja. Tunjangan penerima Kartu Prakerja, selama COVID-19 peserta mendapat manfaat total sebesar Rp3,550,000. Insentif itu terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu per bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta, dan insentif survei sebesar Rp50 ribu untuk 3 kali survei atau Rp150 ribu.


Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

source : prakerja.go.id

  1. Warna Negara Indonesia
  2. Umur 18 tahun keatas
  3. Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  4. Bukan merupakan aparatur sipil negara atau pejabat negara
  5. Dalam satu keluarga ( 1 KK ) maksimal 2 orang yang bisa mendapatkan kartu prakerja
  6. NIK kamu tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (Data Bantuan Subsidi Upah) dan Kementerian Sosial (Data Penerima Bantuan Sosial)
  7. Yang paling penting belum pernah menerima kartu prakerja


Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

source : prakerja.go.id

Bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja? Apabila kamu ingin mendapatkan kartu prakerja, maka langkah paling awal kamu harus masuk ke website resmi Kartu Prakerja. Selanjutnya ikuti langkah - langkah dibawah ini :

Tapi sebelum mendaftar kartu prakerja pastikan bahwa kamu :


  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal


  1. Calon Peserta diwajibkan untuk membuat akun kartu prakerja di website resmi dengan email dan no ponsel yang aktif. Setelah itu, verifikasi akun kamu melalui email.
    source : prakerja.go.id

  2. Setelah akun kamu aktif, selanjutnya kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Pastikan no ponsel kamu merupakan no yang terdaftar di salah satu e- wallet ( ovo, LinkAja, GoPay )
    source : prakerja.go.id

  3. Kemudian, kamu akan mengikuti tes kemampuan dasar. Jika berhasil, maka kamu akan mendapatkan notifikasi skor tes tersebut. Kemudian, akan mengikuti tahap berikutnya dan mendapatkan bantuan biaya pelatihan yang bisa digunakan untuk pembelian pelatihan di platform digital mitra yang resmi.
    source : prakerja.go.id

  4. Setelah itu, kamu memilih seleksi gelombang sesuai domisili dan tinggal menunggu hasilnya, lolos atau tidak.
    source : prakerja.go.id

  5. Pilih pelatihan yang kamu inginkan dan selesaikan pelatihan tersebut, Jika kamu ingin mendapatkan intensif.
  6. Intensif atau tunjangan hanya akan diberikan kepada peserta yang menyelesaikan pelatihan dan memiliki batas nilai minimal yang telah ditetapkan. 

Intensif akan disalurkan secara bertahap dan di transfer melalui rekening e-wallet yang telah didaftarkan. Tujuan dari pemberian tunjangan ini adalah untuk meringankan biaya yang diperlukan selama pelatihan seperti makan, tranport dan lain lain.

Baca juga : Kartu Prakerja Gelombang 14

Program Pelatihan Kartu Prakerja

Nah, jika kalian telah lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, yang pertama kalian dapatkan adalah Pagu/saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000. Namun, kamu harus segera memilih pelatihan di platform Digital. Karena, ada batas waktu 30 hari setelah menerima kartu prakerja. jika kamu belum mengikuti/ membeli pelatihan dalam jangka waktu tersebut, maka Kartu Prakerja yang kamu miliki akan dinonaktifkan dan saldo akan hangus. Saat ini Kamu hanya bisa membeli pelatihan yang tidak melebihi jumlah pagu/saldo kamu. 


Kamu  bebas memilih jenis pelatihan yang ingin kamu ikuti, bisa berupa keterampilan teknis sampai bagaimana cara memulai usaha/bisnis. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain.

Kamu bisa memilih jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Platform Digital yang telah resmi bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja, diantaranya :

source : prakerja.go.id

Sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard kamu setelah menyelesaikan pelatihan dari Platform Digital. Cara pembelian pelatihan kartu prakerja di platform Digital baca disini.


Intensif Kartu prakerja


Insentif hanya diberikan kepada penerima Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan program pelatihan. Jadi, jika kamu memiliki program pelatihan namun tidak menyelesaikannya maka kamu tidak akan mendapatkan intensif. Intensif Kartu Prakerja ada 2 macam yaitu :

  • insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp600.000/bulan selama 4 bulan
  • Insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp50.000/survei maksimal 3 kali survei


Syarat khusus mendapatkan intensif Prakerja

Selain syarat umum yang telah dijelaskan di atas, ada syarat khusus yang harus terpenuhi agar kamu mendapat intensif, berikut syaratnya :

  1. Telah menyelesaikan program Pelatihan dan memiliki sertifikat
  2. Sudah memberikan ulasan terhadap pelatihan yang kamu ikuti dan ulasan di Platform Digital
  3. Sudah memiliki e-wallet atau rekening bank yang terhubung di akun situs prakerja dan telah tervalidasi NIK. Jadi jika menggunakan e-wallet, maka akun kamu harus premium/ upgrade (verifikasi KTP dan swafoto).
  4. Telah mengisi survei di akun situs prakerja.go.id

Intensif yang telah kamu dapat bisa digunakan untuk apa saja. Bisa digunakan untuk untuk meringankan biaya yang telah kamu gunakan selama pelatihan seperti makan, transportasi, dan pulsa. Selain itu, kamu juga menggunakan untuk meringankan biaya selama mencari pekerjaan.


Demikian artikel mengenai Kartu Prakerja : Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang Program Prakerja yang dicanangkan oleh Pemerintah. 

Farid Ans
Farid Ans Penulis artikel di ThisAutos.com

Posting Komentar untuk "Kartu Prakerja : Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkan Kartu Prakerja"